Kusumaningrum, Lolita and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd. (2023) Penanaman Nilai – Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Kurikulum Merdeka Di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
A210190044_Lolita Yosi Kusumaningrum_NASKAH PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (777kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (406kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (972kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (906kB) |
Abstract
Kurikulum merupakan “nyawa pendidikan yang harus dievaluasi secara inovatif, dinamis, dan berkala sesuai dengan perkembangan zaman dan IPTEKS, kompetensi yang diperlukan masyarakat dan pengguna lulusan. Bahkan perkembangan IPTEKS yang sangat cepat tidak lagi memungkinkan dunia pendidikan berlama – lama dengan kondisi yang itu – itu saja pada kurikulum yang berlaku. Tujuan penelitian ini adalah : 1.) Dapat mengidetifikasi dengan baik masalah dalam lingkungan sekolah yang berhubungan dengan penanaman niali – nilai karakter peserta didik melalui kurikulum merdeka; 2.) Mengetahui masalah apa saja yang timbul dalam lingkungan sekolah; 3.) Mengetahui pengaruh apa saja yang terjadi pada saat penerapan kurikulum merdeka dalam sekolah tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus (case study). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa : a.) Melafalkan Asmaul Husna; b.) Menjalankan ibadah wajib maupun Sunnah seperti Sholat Dzuhur dan Aholat Dhuha, Tadarus Al – Qur’an; c.) Kegiatan wajib Paskibra & Kemah Bakti; d.) Pembelajaran berbasis proyek; e.) Pembelajaran Kooperatif. Perubahan yang dirasakan guru ini menghadapkannya pada berbagai kendala yang perlu diatasi dengan baik. Adapun kendala – kenala yang dihadapi : Tidak Memiliki Pengalaman dengan Kemerdekaan Belajar, Keterbatasan Referensi, Akses yang dimiliki dalam pembelajaran, Manajemen waktu, Kompetensi yang memadai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter, Kurikulum Merdeka, Peserta Didik, Implementasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5301 Economic Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | LOLITA YOSI KUSUMANINGRUM LOLITA |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 07:08 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 07:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/113627 |
Actions (login required)
View Item |