UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ( PTK di Kelas V SDN Tutup I Blora )

Anggraeni, Pramesti Putri (2008) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ( PTK di Kelas V SDN Tutup I Blora ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040043.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
A410040043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui : 1) Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran dengan tepat dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang bangun ruang khususnya mengenai kubus, balok, tabung, dan kerucut sampai 70%. 2) Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran dengan tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang bangun ruang separti diatas sampai 75%. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Tutup I Blora yang berjumlah 26 siswa, sebagai pelaksana tindakan adalah peneliti dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah guru kelas V SD SD Negeri Tutup I Blora dan Kepala Sekolah. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, metode tes, dan dokumentasi. Analisis data secara metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta analisis data kuantitatif untuk mencari tingkat pemahaman siswa pada pelaksanaan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep bangun ruang siswa. Hal ini dapat dilihat dari: 1) adanya peningkatan keaktifan siswa, yang meliputi: a) mengemukakan ide dari 16,7% menjadi 73,1%, b) bertanya dari 20,8% menjadi 76,9%, c) mengerjakan soal-soal dari 20,8% menjadi 80,8%. 2) adanya peningkatan kekreatifitasan siswa, yang meliputi: a) melakukan percobaan/demonstrasi dari 16,7% menjadi 73,1% dan b) ketepatan menggunakan media pembelajaran dari 25% menjadi 76,9%. 3) adanya peningkatan hasil belajar siswa, dimana hasil belajar siswa meliputi: a) penguasaan materi dari 12,5% menjadi 76,9% dan b) ketepatan menggunakan media pembelajaran dari 25% menjadi 76,9%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan pemanfaatan berang bekas dengan tepat sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang bangun ruang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Konsep, Pembelajaran, Media, Barang-bekas, Bangun-ruang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2009 03:50
Last Modified: 31 Jan 2011 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1134

Actions (login required)

View Item View Item