ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP CUSTOMER PERSPECTIVE DALAM BALANCED SCORECARD (Studi Empiris Terhadap Perbankan Di Wilayah Kerja Bank Indonesia Surakarta)

SUPRIYADI, STEFANUS (2007) ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP CUSTOMER PERSPECTIVE DALAM BALANCED SCORECARD (Studi Empiris Terhadap Perbankan Di Wilayah Kerja Bank Indonesia Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_MUK.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh antara budaya organisasi yang terdiri dari uncertainty avoidance, masculinity – ferminity, individual collectivism, dan power distance terhadap costumers perspective dalam balanced scorecard pada perusahaan perbankan diwilayah dalam balanced scorecard pada perusahaan perbankan diwilayah kerja Bank Indonesia Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang berada dibawah pengawasan Bank Indonesia Cabang Surakarta, yaitu pegawai Perbankan di Wilayah Kerja Bank Indonesia Surakarta. Sampel dalam penelitian ini dengan Quota random sampling, sebanyak 70 pegawai dari keseluruhan bank yang ada di Surakarta tidak termasuk pimpinan bank. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuisoner dan studi pustaka. Tehnik pengujian data dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Tehnik analisis data mengacu pada uji asumsi klasik, regresi berganda, uji f dan uji t serta uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji validitas diketahui Rhitung untuk masing-masing item tidak ada yang nilainya kurang dari Rtabel, atau Rhitung masing-masing item lebih besar dari Rtabel (0,279) ini menunjukkan bahwa seluruh item valid. Hasil uji reliabilitas instrumen Costumers perspective dalam balanced scorecard diperoleh Rhitung 0,9148; instrumen Power Distance diperoleh Rhitung sebesar 0,9699; instrumen Individualism Collectivism 0,9549; Masculinity Feminity 0,8692; dan Rhitung instrumen Uncertainty Avoidance sebesar 0,9292; hal ini menunjukkan instrumen- instrumen tersebut dinyatakan reliabel. Berdasarkan hasil uji Regresi Linier Berganda diperoleh persamaan Y = -1.074 + 1.032 X1 + 0.776 X2 + 1.074 X3 + 1.295 X4. Dari penelitian uji t dapat disimpulkan bahwa variabel Power Distance, Individualism Collectivism, Masculinity Feminity dan Uncertainty Avoidance berpengaruh positif dan signifikan secara statistik pada tingkat signifikansi α 5%. Pengujian Ftest diperoleh Fhitung sebesar 2671,152, Ftabel 2,513, maka Fhitung > Ftabel, artinya secara bersama-sama variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Uji determinasi (R2 ) diketahui nilai R Square sebesar 0,995, ini menunjukkan bahwa Costumers perspective dalam balanced scorecard mempunyai hubungan yang kuat, dengan kata lain bahwa Costumers perspective dalam balanced scorecard perbankan di wilayah Surakarta dijelaskan oleh variabel Power Distance, Individualism Collectivism, Masculinity Feminity, dan Uncertainty Avoidance sebesar 99,4%, sedangkan sisanya 0,06% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi, Customer Perspective, balanced scorecard
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 08:57
Last Modified: 08 Apr 2011 11:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11338

Actions (login required)

View Item View Item