PENGARUH KESADARAN ETIK TERHADAP HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL DAN KOMITMEN PROFESI DENGAN KONFLIK PERAN (survey pada auditor di kantor akuntan publik di wilayah surakarta dan yogyakarta)

LESTIANA T, SHARA (2006) PENGARUH KESADARAN ETIK TERHADAP HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL DAN KOMITMEN PROFESI DENGAN KONFLIK PERAN (survey pada auditor di kantor akuntan publik di wilayah surakarta dan yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)

Abstract

Auditor sebagai sebuah profesi memiliki seperangkat kode etik dalam menjalankan profesinya. Terjadinya pelanggaran etika di lingkungan auditor menjadi issue yang menarik. Karena hal itu mengakibatkan menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap profesi auditor. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh interaksi antara locus of control dengan kesadaran etis terhadap perilaku auditor dalam konflik audit; (2) pengaruh interaksi dan antara komitmen profesi dengan kesadaran etis terhadap perilaku auditor dalam konflik audit. Penelitian ini merupakan penelitin survey dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta. Sampel yang diambil berjumlah 30 orang auditor yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan kesadaran etis sebagai variabel moderating. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Interaksi antara locus of control dengan kesadaran etis berpengaruh positif terhadap perilaku auditor dalam konflik audit. Artinya interaksi antara locus of control dengan kesadaran etis dapat mengesampingkan kepentingan pribadi/keluarga dan menjaga rahasia perusahan dan klien. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung yang diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). (2) Interaksi antara komitmen profesi dengan kesadaran etis berpengaruh positif terhadap perilaku auditor dalam konflik audit. Artinya interaksi antara komitmen profesi dengan kesadaran etis dapat meningkatkan etos kerja dan meningkatkan loyalitas kepada pimpinan serta organisasi. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung yang diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: locus of control, komitmen organisasi, kesadaran etis, perilaku auditor dalam konflik audit
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 04:20
Last Modified: 08 Apr 2011 12:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11319

Actions (login required)

View Item View Item