PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA MANAJERIAL DENGAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING

WIDYASTUTI , ARI (2007) PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA MANAJERIAL DENGAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_Ari_Sia.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)

Abstract

Manajer membutuhkan informasi untuk memprediksi masa depan dan analisa terhadap lingkungan bisnis agar dapat digunakan dalam pengambilan keputusan. Informasi ini kemudian dijabarkan oleh pihak manajer dalam setiap aktivitas perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketidakpastian lingkungan terhadap hubungan penerapan pemakai sistem informasi akuntansi dengan kinerja manajer. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan dat primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah manajer perusahaan manufaktur di Surakarta. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 37 orang manajer dari 10 perusahaan manufaktur d Surakarta yang diambil dengan teknik purposive sampling. Uji validitas dan reliabilitas angket menggunakan korelasi product moment dan cronbach’s alpha Kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan SIA berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajer. Artinya kemampuan pengembangan sistem informasi yang tinggi semakin meningkatkan kinerja manajer. (2) Ketidakpastian lingkungan berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajer. Artinya kemampuan manajer untuk memprediksi perubahan lingkungan yang tinggi semakin meningkatkan kinerja manajer. (3) Interaksi penerapan SIA dan ketidakpastian berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajer. Artinya ketidakpastian l ingkungan merupakan variabel yang memoderasi pengaruh penerapan SIA terhadap kinerja manajerial. Penerapan SIA dalam ketidakpastian lingkungan yang tinggi semakin meningkatkan kinerja manajerial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi akuntansi, ketidakpastian lingkungan, kinerja manajer
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:54
Last Modified: 07 Apr 2011 05:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11309

Actions (login required)

View Item View Item