PENGARUH PARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA RSU DI WILAYAH SURAKARTA

ASTUTIK , ANIK SRI (2006) PENGARUH PARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA RSU DI WILAYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)

Abstract

Penelitian “Pengaruh Partisipasi Dalam Penyusunan Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating Pada RSU Di Wilayah Surakarta” ini bertujuan untuk mengetahui apakah komitmen organisasi mempunyai pengaruh moderating terhadap partisipasi dalam penyusunan anggaran dengan senjangan anggaran. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan survei, dengan melibatkan responden manajer menengah pada RSU yang berada di wilayah Surakarta. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode regresi, uji F, uji R square dan uji t untuk mengetahui pengaruh partisipasi dalam penyusunan anggaran, pengaruh komitmen organisasi, serta interaksi antara partisipasi dengan komitmen organisasi terhadap senjangan anggaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel partisipasi menghasilkan t-hitung sebesar -2,931 dan nilai ρ sebesar 0,006 (ρ < 0,05), sehingga Ha1 didukung, jadi partisipasi dalam penyusunan anggaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap senjangan anggaran. Variabel komitmen organisasi menghasilkan t-hitung sebesar -5,294 dan nilai probabilitas 0,000, sehingga Ha2 didukung, jadi komitmen organisasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap senjangan anggaran. Variabel interaksi partisipasi dengan komitmen organisasi menghasilkan t-hitung sebesar -1,220 dan nilai ρ sebesar 0,229 (ρ > 0,05), sehingga Ha3 tidak didukung, jadi interaksi antara partisipasi dalam penyusunan anggaran dengan komitmen organisasi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap senjangan anggaran. Uji F menunjukkan bahwa variabel partisipasi dalam penyusunan anggaran, komitmen organisasi, interaksi partisipasi dengan komitmen organisasi, berpengaruh secara serentak atau bersama-sama terhadap senjangan anggaran, dengan nilai F-hitung sebesar 15,026 (15,026 > 2,84) dan nilai ρ sebesar 0,000 (P < 0,05). Hasil uji R Square diperoleh bahwa nilai adjusted R Square sebesar 0,495, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa variabel partisipasi anggaran, komitmen organisasi dan interaksi antara partisipasi anggaran dengan komitmen organisasi berpengaruh terhadap senjangan anggaran sebesar 49,5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi anggaran, komitmen organisasi, senjangan anggaran
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:17
Last Modified: 07 Apr 2011 05:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11306

Actions (login required)

View Item View Item