PENGARUH PERUBAHAN LABA PER SAHAM TERHADAP HARGA DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Go Publik di PT. BEJ)

SUPRIYANTO, AGUS (2007) PENGARUH PERUBAHAN LABA PER SAHAM TERHADAP HARGA DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Go Publik di PT. BEJ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
BAB_4-5-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)

Abstract

Harga saham merupakan ukuran prestasi kinerja perusahaan yaitu seberapa jauh manajemen telah berhasil mengelola perusahaan atas nama pemegang saham dimana tugas seorang manajemen dengan tujuan utamanya adalah memaksimalkan harga saham dan bukan untuk memaksimalkan ukuran akuntansi seperti laba bersih atau laba per saham. Akan tetapi data akuntansi sangat mempengaruhi harga saham sehingga untuk memahami bagaimana kinerja perusahaan serta proyeksi keuangan, maka harus mengevaluasi informasi akuntansi dan volume perdagangan yang dilaporkan dalam laporan keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh variabel independen yaitu perubahan laba per saham untuk tahun buku 2003 –2004 terhadap varibel dependen yaitu perubahan sampel harga saham dan volume perdagangan saham. Populasi yang digunakan adalah semua perusahaan go-publik yang terdaftar di BEJ dari tahun 2003 sampai tahun 2004. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang aktif memperdagangkan sahamnya di BEJ yaitu perusahaan yang tergolong goodnews sebanyak 23 dan yang badnews sebanyak 19 perusahaan. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan tujuan agar diperoleh sampel yang representatif sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Untuk mengetahui hasil analisis data yang diperoleh digunakan analisis regresi berganda, dengan persamaan: Vi,t = α+βΔEPSGi,t + ε i,t , Vi,t = α+β ΔEPSBi,t + ε i,t , Hi,t = α+βΔEPSGi,t + ε i,t , dan Hi,t = α+βΔEPSBi,t + ε i,t .Setelah diketahui masing-masing variabel, kemudian diuji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian atas pengaruh laba per saham terhadap harga dan volume perdagangan saham dari 23 perusahaan tergolong Goodnews dan 19 perusahaan tergolong Badnews, dapat disimpulkan: 1) Perubahan laba per saham dalam kondisi goodnews tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan saham di sekitar tanggal publikasi laporan keuangan, 2) Perubahan laba per saham dalam kondisi badnews tidak berpengaruh signifikan terhadap penurunan saham di sekitar tanggal publikasi laporan keuangan, 3) Perubahan laba per saham dalam kondisi goodnews tidak berpengaruh signifikan terhadap kenaikan volume perdagangan saham di sekitar tanggal publikasi laporan keuangan, 4) Perubahan laba per saham dalam kondisi badnews tidak berpengaruh signifikan terhadap penurunan volume perdagangan saham di sekitar tanggal publikasi laporan keuangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Laba per saham, Harga Saham, Volume Perdagangan Saham.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2011 03:17
Last Modified: 07 Apr 2011 03:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11291

Actions (login required)

View Item View Item