Analisis Pengaruh Earning Per Share, Tingkat Bunga, Kurs, dan Size Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Jakarta Tahun 2000-2004

OKTAWIJAYANTI, DIAN (2007) Analisis Pengaruh Earning Per Share, Tingkat Bunga, Kurs, dan Size Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Jakarta Tahun 2000-2004. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_depan.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (83kB)
[img] PDF
Bab_k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)

Abstract

Analisis Pengaruh Earning Per Share, Tingkat Bunga, Kurs, dan Size Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Perbankkan di Bursa Efek Jakarta Tahun 2000-2004. Untuk menghasilkan keputusan investasi yang tepat dan menguntungkan, investor perlu melakukan peramalan terhadap perubahan pasar modal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi return saham pada perusahaan perbankkan yang terdaftar di BEJ. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada 4 variabel bebas yaitu Earning per share, tingkat bunga, kurs dan size. Hipotesis yang diajukan adalah Earning per share, tingkat bunga, kurs dan size mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap retun saham. Sampel penelitian diambil dari perusahaan perbankan yang terdaftar di BEJ. Data diambil dari Pojok BEJ MM UNS, Indonesian Capital Market Directory dan laporan mingguan Bank Indonesia. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengolahan data dilakukan dengan program software SPSS 10.00, dengan memperhatikan indikator utama yang telah terprogram yaitu uji simultan (uji F dan Adjusted R2) dan uji parsial ( t hitung dan koefisien beta). Berdasar uji asumsi klasik regresi dapat diketahui tidak terjadi gejala autokorelasi, heteroskedastisitas, multikolinieritas. Berdasarkan uji simultan variabel EPS, tingkat bunga, kurs dan size secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap return saham diperoleh F hitung sebesar 4,210 dengan probabilitas 0,010. Sedangkan berdasar uji parsial menyatakan bahwa hanya variabel EPS mempunyai pengaruh signifikan dengan nilai probabilitas 0,006 yang berarti dibawah 0,05 (P<0,05), dan variabel tingkat bunga, kurs dan size tidak berpengaruh terhadap signifikan terhadap return saham pada tingkat signifikasn 5%. Dan berdasar standardized Coefficient beta, uji dominasi dapat dilihat diantara keempat variabel yang memiliki beta terbesar adalah EPS yaitu 0,480, jadi variabel EPS mempunyai pengaruh lebih dominan terhadap return saham.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Earnings per share, tingkat bunga, kurs, size dan return saham
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 06 Apr 2011 10:29
Last Modified: 06 Apr 2011 10:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11289

Actions (login required)

View Item View Item