Peran Orang Tua Dan Lembaga Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Anak Menghafal Al Qur’an (Studi Kasus Rumah Qur’an Ahsanu ‘Amala Di Desa Kuto Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar)

Rochim, Fibrian Laila Nur and , Dr. Mutohharun Jinan, M.Ag. (2023) Peran Orang Tua Dan Lembaga Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Anak Menghafal Al Qur’an (Studi Kasus Rumah Qur’an Ahsanu ‘Amala Di Desa Kuto Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi Fibrian Laila Nur Rochim.pdf

Download (261kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (806kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat-Pernyataan-Publikasi F.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)

Abstract

Abstrak Masing-masing orang tua juga memiliki cara yang tidak sama sehingga hasil yang ditunjukkan juga berbeda. Ditambah lagi dengan adanya pola asuh orang tua yang menyerahkan anak-anaknya untuk diserahkan secara penuh dengan instansi pendidikan atau sejenisnya, hal ini membuat peran orang tua yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak menjadi terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan anak menghafal Al-Qur’an. 2) Mendeskripsikan dukungan lembaga Qur’an dalam membantu meningkatkan hafalan Al-Qur’an anak. 3) Mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung yang ditemui orang tua. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan fenomenologis. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak penghafal Al-Qur’an minimal hafal ½ juz dengan rentang usia 6-12 tahun, berdomisili di desa Kuto Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar dan tergabung dalam Rumah Qur’an Ahsanu ‘Amala. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data penulis menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah orang tua memiliki peran sebagai berikut 1) Sebagai fasilitator, 2) Sebagai motivator, 3) Sebagai panutan, 4) Sebagai pengontrol anak. Lembaga Qur’an berperan dengan cara memfasilitasi, mendampingi orang tua dalam meningkatkan kemampuan anak menghafal Al Qur’an dan memperbaiki makharijul huruf dan tajwid dengan membantu murajaah. Faktor pendukungnya adalah mengingat janji Allah/ keutamaan menghafal Al-Qur’an dan memiliki lingkungan yang kondusif. Faktor penghambatnya adalah waktu, psikologis dan minimnya ilmu yang dimiliki orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al Quran, Orang tua, Anak, dan Hafalan Al Quran
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Agama Islam > BA11 Pendidikan Agama Islam
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: FIBRIAN LAILA NUR ROCHIM
Date Deposited: 20 May 2023 01:43
Last Modified: 20 May 2023 07:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/112518

Actions (login required)

View Item View Item