PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK, KOMPLEKSITAS TUGAS DAN PENGARUH PEMAKAI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survey Pada Perusahaan Manufaktur di wilayah Surakarta)

Permatasari, Mutiara (2007) PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK, KOMPLEKSITAS TUGAS DAN PENGARUH PEMAKAI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survey Pada Perusahaan Manufaktur di wilayah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (full texs)
B200030019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img]
Preview
PDF (hal.depan)
hal.depan.pdf

Download (219kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
bab.1.pdf

Download (166kB)
[img]
Preview
PDF (daft.pustaka)
daft.pustaka.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap perusahaan dihadapkan pada pengambilan keputusan. Dalam pengambilan keputusan diperlukan informasi yang memadai. Oleh karena itu, pengembangan sistem informasi memerlukan suatu perencanaan dan implementasi yang hati-hati, untuk menghindari penolakan sistem yang di kembangkan. Untuk menghindari penolakan sistem maka di perlukan partisipasi pemakai. Harapan dari berpartisipasinya pemakai adalah agar pemakai dapat memperoleh kepuasan atas sistem yang di kembangkan. Demi merekonsiliasi kondisi tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kontijensi yang dapat mempengaruhi hubungan antara partisipasi pemakai dengan kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem. Dalam penelitian ini difokuskan pada tiga faktor kontijensi yaitu dukungan manajemen puncak,kompleksitas tugas dan pengaruh pemakai.Berdasarkan latar belakang tersebut,penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh partisipasi pemakai dengan dukungan manajemen puncak, kompleksitas tugas, dan pengaruh pemakai terhadap kepuasan pemakai. Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan populasi manajer dan karyawan perusahaan manufaktur di wilayah Surakarta yang terdaftar dalam DISPERINDAG. Sampel yang diambil meliputi 50 orang yang terdiri dari para manajer dan karyawan dengan kriteria minimal berkerja dua tahun. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Partisipasi pemakai, kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi sebagai variabel dependen, sedangkan variabel moderatingnya dukungan manajemen puncak,kompleksitas tugas,dan pengaruh pemakai. Pengujian hipotesis mengunakan analisis regresi linear sederhana dan data diolah dengan bantuan program SPSS 12. Hasil olah data membuktikan bahwa: (a) partisipasi pemakai berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pemakai, hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai signifikansi kurang dari 5% (p<0,05). (b) dukungan manjemen puncak memoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai,hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai signifikansi dibawah 5% (p<0,05). (c) kompleksitas tugas memoderasi partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai,hal ini terbukti dari hasil analisis regresi linear dengan nilai signifikansi dibawah 5% (p<0,05). (d) pengaruh pemakai memoderasi partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai,hal ini terbukti dari hasil analisis regresi dengan nilai signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa dukungan manajemen puncak,kompleksitas tugas,dan pengaruh pemakai berpengaruh secara langsung terhadap partisipasi pemakai.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi pemakai, teori kontinjensi, dukungan manajemen puncak, kompleksitas tugas, pengaruh pemakai, kepuasan pemakai
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 05 Apr 2011 10:16
Last Modified: 05 Apr 2011 10:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11236

Actions (login required)

View Item View Item