Saputri, Bella Octaviani and , Ahmad Chamsudin, S.T,. M.Eng. (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Isyarat Berbasis Android. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASPUB (1).pdf Download (709kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (576kB) |
|
PDF (Bab I)
Bab I.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat-Pernyataan-Publikasi-02-03-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
Abstract
Bahasa Isyarat adalah merupakan bahasa yang menggunakan komunikasi manual, seperti bahasa tubuh, dan gerak bibir. Bahasa isyarat sendiri merupakan suatu bahasa yang dipakai oleh sebagian komunitas untuk berkomunikasi. Tidak itu saja, bahasa isyarat juga digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi diri dan memperoleh suatu informasi. Perkembangan smartphone saat ini sangat berkembang pesat, sehingga banyak pengembang aplikasi yang mengembangkan berbagai macam aplikasi berbasis android baik berupa aplikasi permainan, pembelajaran, sosial media, dll. Salah satu dari pengembangan aplikasi bidang pembelajaran adalah pengembangan aplikasi bahasa isyarat. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Model ini digunakan atas dasar dari pertimbangan suatu metode yang mudah dipahami, dan mudah untuk dikembangkan secara sistematis. Media ini sudah di uji cobakan kepada 2 ahli media dengan hasil yaitu mempunyai rata-rata koefisien V sebesar 0,93 yang dinyatakan sudah valid. Hasil uji reliabilitas ini ahli media mendapatkan sebesar 0,669. Sedangkan pada saat di uji cobakan ke 2 orang guru pendamping di SLB mendapatkan nilai rata-rata sebanyak koefisien V 0,96 dan dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas oleh ahli materi mendapat nilai 0,748 dan dinyatakan sempurna Hasil presentase dari pengujian yang dilakukan kepada 10 responden yang mendapat nilai presentase sebesar 60% yang masuk dalam kategori “Setuju”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sign Language, Learning Media, Android, Application |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5601 Informatics Education T Technology > TZ Technical Information |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | BELLA OCTAVIANI SAPUTRI |
Date Deposited: | 16 May 2023 04:43 |
Last Modified: | 16 May 2023 06:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/112260 |
Actions (login required)
View Item |