ANALISIS PENGARUH UPAH DAN TUNJANGAN KESEJAHTERAAN TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA PERUSAHAAN ABON DAGING SAPI “ELANG”, DI AMPEL BOYOLALI.

SULAKSONO, H ENDRO (2005) ANALISIS PENGARUH UPAH DAN TUNJANGAN KESEJAHTERAAN TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA PERUSAHAAN ABON DAGING SAPI “ELANG”, DI AMPEL BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh upah dan tunjangan kesejahteraan terhadap produktivitas karyawan perusahaan abon daging sapi “Elang” di Ampel Boyolali. Untuk mengetahui faktor mana yang lebih berpengaruh antara upah dan tunjangan kesejahteraan terhadap produktivitas karyawan. Hipotesa dalam penelitian ini ialah : Upah memberi pengaruh dominan dibanding tunjangan kesejahteraan terhadap produktivitas karyawan pada perusahaan Abon Daging Sapi “Elang” di Ampel Boyolali Dari hasil perhitungan dan analisa yang dilakukan untuk pembuktian terhadap hipotesa, maka dapat diambil kesimpulan dari seluruh penelitian yang sudah dilakukan sebagai berikut : Y = 8,427 + 3,540X1 + 7,579X2 + e Interpretasi dari hasil di atas adalah : a = 8,427 artinya apabila upah (X1) dan tunjangan kesejahteraan (X2) sama dengan nol maka produktivitas tenaga kerja (Y) naik sebesar 8,427 kg. b 1 = 3,540 artinya upah (X1) berpengaruh positif terhadap produktivitas tenaga kerja atau apabila setiap perusahaan upah sebesar Rp. 1,00 akan meningkatkan produktivitas tenaga kerja (Y) sebesar 3,540 kg dengan asumsi tunjangan kese jahteraan (X2) konstan. b2 = 7,579 artinya tunjangan kesejahteraan (X2) berpengaruh positif terhadap produktivitas atau apabila setiap perubahan pada variabel tunjangan kesejahteraan sebesar Rp. 1,00 akan meningkatkan produktivitas tenaga kerja (Y) sebesar 7,579 kg dengan asumsi besarnya upah (X1) konstan. Berdasarkan hasil Uji Hipotesa F-test adalah Karena Fhitung > Ftabel (104,928 > 4,26), maka Ho ditolak berarti ada hubungan yang signifikan antara upah dan tunjangan kesejahteraan dengan produktivitas karyawan. Dari pengujian yang dilakukan, maka hipotesis dapat diterima, karena adanya pemberian upah dan tunjangan kesejahteraan yang layak dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan pada perusahaan tersebut. Berdasarkan hasil Uji Hipotesa t -test adalah Uji t test antara upah (X1) terhadap produktivitas karyawan (Y). Ho ditolak t hit lebih besar dari t tabel (3,218 > 2,306) maka hal ini menunjukkan bahwa upah mempunyai pengaruh yang kuat dengan produktivitas karyawan. Uji t test antara tunjangan kesejaht eraan (X2) terhadap produktivitas karyawan (Y) Ho ditolak t hit lebih besar dari t tabel (2,470 > 2,306), maka hal ini menunjukkan bahwa tunjangan kesejahteraan mempunyai pengaruh dengan produktivitas karyawan. Dari hasil uji t diketahui bahwa faktor upah lebih dominan dibandingkan faktor tunjangan kesejahteraan terhadap produktivitas karyawan. Sedangkan dari hasil Koefisien Determinasi (R2 ) yaitu hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS (pada lampiran -lampiran) didapat bahwa R2 sebesar 0,968. Hal ini berarti bahwa variabel produktivitas karyawan dijelaskan oleh variansi variabel upah dan tunjangan kesejahteraan sebesar 96,8%. Sedangkan sisanya sebesar 3,2% dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produktivitas; Upah, Tunjangan Kesejahteraan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2011 09:00
Last Modified: 05 Apr 2011 09:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11214

Actions (login required)

View Item View Item