ANALISIS PENGARUH EARNING PER SHARE, RETURN ON ASSET, RETURN ON COMMON EQUITY, TINGKAT BUNGA DEPOSITO DAN TINGKAT INFLASI TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERCANTUM DALAM INDEKS LQ 45 DI BURSA EFEK JAKARTA

NUGROHO , MUHAMMAD (2007) ANALISIS PENGARUH EARNING PER SHARE, RETURN ON ASSET, RETURN ON COMMON EQUITY, TINGKAT BUNGA DEPOSITO DAN TINGKAT INFLASI TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERCANTUM DALAM INDEKS LQ 45 DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
SKRIPSI_BAG._DEPAN.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)

Abstract

Bagi seorang pemegang saham yang utama adalah bagaimana caranya agar nilai saham yang dimilikinya bisa mengembalikan modal yang telah dikeluarkan ditambah dengan keuntungan yang diharapkan, dan ini dapat diketahui dari perkembangan harga saham. Harga saham dari sebuah saham yang bagus akan memungkinkan kembalinya modal disertai keuntungan yang diharapkan, demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu harga saham dapat menjadi indikator bagi pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh signifikan EPS, ROA, ROE, tingkat bunga deposito, tingkat inflasi secara bersama-sama dan secara individu terhadap harga saham pada perusahaan yang tercantum dalam indeks LQ 45 di Bursa Efek Jakarta tahun 2003 – 2005. teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah polling data. Sampling yang digunakan sejumlah 69 emiten. Periode pengamatan untuk EPS, ROA, ROE, dimulai sejak 2002 – 2004 hal ini mengacu pada harga saham merupakan expected dimasa yang akan datang. Sedangkan untuk tingkat bunga deposito dan tingkat inflasi dimulai sejak 2003- 2005. Tehnik analisis ini menggunakan analisis regresi berganda. Tehnik analisis ini digunakan untuk mendapatkan ramalan harga saham dengan menggunakan Variabel EPS, ROA, ROE, bunga deposito tingkat inflasi. Uji F uji t digunakan untuk menguji hipotesis dengan tingkat signifikasi 5 %. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ada 2, yaitu hipotesis pertama adalah diduga terdapat pengaruh signifikan dari beberapa variabel bebas yang terdiri dari EPS,ROA,ROE, bunga deposito, tingkat inflasi secara bersam- sama terhadap harga saham. Hipotesis kedua adalah diduga terdapat pengaruh signifikan dari beberapa variabel bebas secara individual terhadap harga saham. Dari pengaruh koefisien secara bersama-sama diperoleh kesimpulan bahwa semua variabel bebas tersebut berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Dan dari pengujian koefisien regresi secara individu menunjukkan bahwa hanya EPS saja yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan variabel lain tidak. Dari hasil analisis regresi penelitian tersebut dapat diketahui bahwa EPS, ROA, ROE, bunga deposito, tingkat inflasi mempunyai pengaruh dalam menjelaskan variasi harga saham sebesar 42 % sedangkan 58 % dijelaskan faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam persamaan regresi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EPS, ROA, ROE, Bunga Deposito, Tingkat Inflasi, Indeks LQ 45.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2011 05:30
Last Modified: 05 Apr 2011 05:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11193

Actions (login required)

View Item View Item