PENGARUH FAKTOR PERSONALITY TERHADAP KEMAMPUAN DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER (Survey terhadap Mahasiswa Akuntansi pada Universitas di Wilayah Suarakarta)

RISWANTO , NANANG BUDI (2007) PENGARUH FAKTOR PERSONALITY TERHADAP KEMAMPUAN DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER (Survey terhadap Mahasiswa Akuntansi pada Universitas di Wilayah Suarakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (full texs)
SKRIPSI._full_texs.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
bab.1.pdf

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (daft.pustaka)
daft.pustaka.pdf

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (hal.depan)
hal_depan.pdf

Download (267kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor personality terhadap kemampuan dalam menggunakan komputer pada mahasiswa akuntansi di beberapa Perguruan Tinggi di Wilayah Surakarta. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian yang dilakukan Rina Trisnawati dan Shinta Permatasari (2000). Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya terletak pada populasi yang berakibat pada pengambilan sampel. Pada penelitian ini mengambil setting lima Perguruan Tinggi yang berlokasi di Wilayah Surakarta, dengan mengambil sampel Mahasiswa Akuntansi angkatan 2002 dan angkatan 2003 yang telah mengambil mata kuliah Aplikasi Komputer. Hal ini disebabkan karena Mahasiswa Akuntansi yang telah mengambil mata kuliah Aplikasi Komputer lebih berperan dalam mengaplikasikan dan mengolah informasi yang berhubungan dengan aplikasi komputer. Sedangkan perbedaan kedua terlihat pada cara penyebaran kuesioner yang dilakukan, dalam penelitian ini peneliti mencoba dengan cara memberikan sendiri pada setiap responden, alasannya adalah terkait dengan kelebihannya yaitu dapat mengumpulkan seluruh responden dalam jangka waktu yang pendek. Selain itu, jika terdapat keraguan dalam diri responden dapat langsung diklarifikasi. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode Non- Probability sampling yang berupa Purposive Sampling. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Uji Asumsi Klasik regresi yaitu uji normalitas, multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas dan Analisis regresi berganda. Hasil yang diperoleh menunjukkan secara simultan faktor personality tidak berpengaruh terhadap kemampuan, tetapi pengujian secara parsial terhadap masing-masing variabel menunjukkan bahwa hanya variabel computer anxiety yang berpengaruh negatif signifikan dengan kemampuan dalam menggunakan komputer. Hasil tersebut dapat dibuktikan karena nilai thitung lebih kecil dari ttabel yaitu sebesar –2,934 < dari 1,960.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: computer anxiety, computer attitudes, math anxiety, kemampuan menggunakan komputer.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Apr 2011 09:12
Last Modified: 04 Apr 2011 09:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11154

Actions (login required)

View Item View Item