PENGARUH MASA KERJA, TUNJANGAN, JAMINAN SOSIAL, DAN JENIS KELAMIN TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWANPADA CV. ANDHIKA FURNITURE DI SUKOHARJO

U T O M O, U T O M O (2007) PENGARUH MASA KERJA, TUNJANGAN, JAMINAN SOSIAL, DAN JENIS KELAMIN TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWANPADA CV. ANDHIKA FURNITURE DI SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab IN)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)

Abstract

Produktivitas sumber daya manusia pada suatu unit usaha dapat ditingkatkan melalui penciptaan suasana kerja yang memacu motivasi kerja, misalnya peningkatan kesejahteraan dan pemberian jaminan sosial. Sedangkan karyawan dengan masa kerja yang lebih lama akan memiliki keuntungan karena akan lebih mudah dalam memahami cara kerja, mudah menyesuaikan diri, dan kerja sama antar karyawan mudah terjalin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) pengaruh masa kerja, tunjangan kesejahteraan, jaminan sosial, dan jenis kelamin terhadap produktivitas kerja; (2) faktor di antara masa kerja, tunjangan kesejahteraan, jaminan sosial, dan jenis kelamin yang berpengaruh dominan terhadap produktivitas kerja karyawan. Penelitian dilaksanakan di CV. Andhika Furniture di Sukoharjo. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh melalui teknik dokumentasi. Populasi adalah seluruh karyawan di CV. Andhika Furniture di Sukoharjo yang terdiri dari 118 orang karyawan. Sampel penelitian adalah 60 orang karyawan yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Masa kerja, tunjangan kesejahteraan, jaminan sosial, dan jenis kelamin berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan dan hipotesis pertama diterima. Hasil dengan analisis regresi linier berganda memperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 71,914 > 2,54 diterima pada taraf signifikansi 5%. (2) Variabel tunjangan kesejahteraan berpengaruh dominan terhadap produktivitas kerja karyawan dan hipotesis kedua diterima. Hasil uji t memperoleh nilai thitng untuk tunjangan kesejahteraan (4,467) lebih besar daripada thitung untuk variabel masa kerja (3,024), jaminan sosial (3,075), dan jenis kelamin (2,860).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: masa kerja, tunjangan kesejahteraan, jaminan sosial, jenis kelamin, produktivitas kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2011 05:44
Last Modified: 04 Apr 2011 05:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11143

Actions (login required)

View Item View Item