PENGARUH GAJI DAN BONUS TERHADAP PRESENSI KERJA KARYAWAN BP. TRANSJAKARTA (Studi Kasus Pada Karyawan Sopir Bus Koridor Blok M – Kota)

WIBOWO, PONCO (2006) PENGARUH GAJI DAN BONUS TERHADAP PRESENSI KERJA KARYAWAN BP. TRANSJAKARTA (Studi Kasus Pada Karyawan Sopir Bus Koridor Blok M – Kota). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (360kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jalan raya merupakan prasarana transportasi yang paling besar pengaruhnya terhadap perkembangan sosial dan ekonomi masyarakat. Fungsi utama dari jalan raya sebagai prasarana untuk melayani pergerakan manusia dan barang secara aman, nyaman, cepat dan ekonomis. Perusahaan dalam pemberian gaji dan bonus yang layak kepada karyawan, kondisi lingkungan kerja yang baik dalam perusahaan yang kesemuanya diduga mempunyai hubungan dan pengaruh yang erat dengan produktivitas kerja karyawan. Produktivitas kerja sopir dapat dilihat dari seberapa banyak ia melakukan tugasnya tiap harinya. Semakin baik gaji dan bonus yang diterimanya, semakin baik pula tingkat kehadirannya dalam bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan bukti empiris tentang gaji dan bonus berpengaruh terhadap tingkat presensi kerja karyawan PT. TransJakarta. Sampel dalam penelitian ini terdiri 64 orang karyawan sopir. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari perusahaan. Hasil analisis normalitas data menunjukkan bahwa data yang digunakan untuk penelitian ini adalah berdistribusi normal yang ditunjukan dengan tingkat signifikan di atas 5%. Berdasarkan hasil pengujian asumsi klasik variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini tidak terjadi adanya heteroskedastisitas, multikolinearitas dan autokorelasi. Hasil uji F (serentak) menunjukkan bahwa variabel gaji dan bonus secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap presensi, hal ini ditunjukan dengan Fhitung sebesar 14,14 sedang Ftabel sebesar 3,07. Hasil uji t (parsial) masing-masing menunjukkan bahwa variabel gaji berpengaruh terhadap presensi, hal ini ditunjukkan dengan thitung sebesar 2,635 sedang ttabel sebesar 2,000 dan variabel bonus berpengaruh terhadap presensi, hal ini ditunjukkan dengan thitung sebesar 3,094 sedang ttabel =2,000. Koefisien determinasi yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah 0,318 atau 31,8%, hal ini menunjukkan bahwa 31,8% variabel dependen yaitu presensi dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu gaji dan bonus, sedangkan sisanya sebesar 68,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaji, bonus, presensi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2011 03:53
Last Modified: 30 Mar 2011 03:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11088

Actions (login required)

View Item View Item