ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RADIO DI WILAYAH SURAKARTA

HIDAYAT , ARIF NURUL (2007) ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RADIO DI WILAYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (280kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_II-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen berdasarkan kualitas pelayanan pada Radio di wilayah Surakarta. Populasinya adalah mahakswiskiwa Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan sampel 150 mahasiswa. Hipotesis yang diajukan adalah hipotesis positif korelasi antara variabel dependen dan independen. Variabel independen dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Metode yang digunakan dalam menganalisis adalah: Teknik analisis data dengan regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi (R2 ), dan uji asumsi klasik. Dari uji t ini didapat antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan masing-masing variabel independen yaitu variabel tangibles sebesar 4,337, variabel reliability sebesar 2,815, variabel responsiveness sebesar 5,908, variabel assurance sebesar -6,007, dan variabel emphaty sebesar 4,680. Dari lima variabel tersebut secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada stasion radio di Surakarta. Dari uji F terdapat signifikansi yaitu F hitung sebesar 33,242 yang lebih besar dari F tabel sebesar 2,27. Maka variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari Uji Koefisien Determinasi (R2 ) didapat nilai koefisien determinasinya sebesar 0,536 atau 53,6% sedangkan sisanya sebesar 46,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang disebutkan dalam penelitian ini. Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model persamaan regresi bebas dari pelanggaran asumsi klasik, baik dilihat dari uji multikolinieritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi. Dan dari uji normalitas menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Jadi hipotesis yang menyatakan bahwa kelima variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap kepuasan konsumen itu terbukti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lima Dimensi Kualitas Pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty) dan Kepuasan Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2011 03:48
Last Modified: 30 Mar 2011 03:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11087

Actions (login required)

View Item View Item