ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DI KALURAHAN NGESREP KABUPATEN BOYOLALI

KANDIAWAN , DIAN (2006) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DI KALURAHAN NGESREP KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang ditinjau dari segi selera, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk indomie dengan indikator produk, merk, penjual dan cara pembayaran yang dilaksanakan di Kalurahan Ngesrep Kabupaten Boyolali. Faktor-faktor perilaku konsumen, baik perilaku internal maupun faktor eksternal banyak mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan pengetahuan mengenai perilaku konsumen diharapkan perusahaan atau produsen yang menjual produknya dapat lebih baik menerapkan strategi pemasarannya. Hipotesis dalam penelitian ini menduga bahwa ada keterkaitan antara perilaku konsumen yang ditinjau dari selera konsumen, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan konsumen terhadap keputusan pembelian dengan indikator produk, merk, penjual dan cara pembayaran. Metode penelitian yang digunakan adalah angket secara tertutup yang telah disebarkan kepada konsumen yang berada di Kalurahan Ngesrep Kabupaten Boyolali, didapatkan sebanyak 100 responden atau angket yang kembali dan layak untuk diuji. Hipotesis dibuktikan dengan model regresi berganda, rumus: Y = a + b1x1 + b2x2 + b3x3 + b4x4 + e. Dari hasil pengujian t -test didapatkan bahwa variabel yang berpengaruh secara signifikan adalah selera konsumen (x 1) yaitu 2,396 dengan signifikansi 0,019 pada taraf ketelitian 5% dan tingkat pendapatan konsumen (x 4) yaitu 2,142 dengan signifikansi 0,032 pada taraf ketelitian 5%. Sedangkan variabel usia (x2) dan jenis pekerjaan (x3) tidak signifikan pada taraf signifikansi 5%. Sehingga hubungan yang berarti atau berpengaruh secara signifikan adalah selera dan tingkat pendapatan konsumen. Sehingga menunjukkan bahwa setiap perubahan selera (x1) sebesar satu satuan akan mempengaruhi keputusan pembelian dengan peningkatan sebesar 0,510. Sedangk an variabel tingkat pendapatan (x 4) sebesar 0,182 yang secara signifikan juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pengaruh secara serentak ditentukan oleh nilai F-hitung yang signifikan pada taraf 5% yaitu sebesar 3,983 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,045. Sehingga hubungan serentak yang terjadi antara variabel independen berarti atau signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi atau R2 menunjukkan besarnya hubungan yaitu sebesar 0,606. dengan demikian dapat dinyatakan konsumen yaitu selera, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 60,6%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model sebesar 39,4%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pembelian Produk, selera konsumen, tingkat pendapatan konsumen, usia, jenis pekerjaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 08:25
Last Modified: 28 Mar 2011 08:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11049

Actions (login required)

View Item View Item