PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETRAMPILAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 1 Karanganyar)

PRAMESWATI, JUWANITA (2007) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETRAMPILAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 1 Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
dpn.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan model pembelajaran inquiry, 2) meningkatakan ketrampilan siswa dengan model pembelajaran inquiry. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP N 1 Karanganyar yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 3 kali putaran. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman konsep matematika dari 20% menjadi 90%. Sebelum tindakan jumlah siswa yang memahami konsep sebanyak 6 siswa (20%), pada putaran I sebanyak 14 siswa (46,67%), pada putaran II sebanyak 21 siswa (70%), pada putaran III seabanyak 27 siswa (90%). Hasil penelitian yang lain yaitu meningkatkan ketrampilan siswa dari26,67% menjadi 93,33%. Sebelum tindakan jumlah siswa tentang katrampilan sebanyak 8 siswa (26,67%), pada putaran I sebanyak 18 siswa (60%), pada putaran II sebanyak 23 siswa (76,67%), dan pada putaran III sebanyak 28 siswa (93,33%). Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan ketrampilan siswa. Sehingga diharapkan para guru matematika dapat menggunakan model pembelajaran inquiry dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model, inquiry, konsep, ketrampilan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2011 08:33
Last Modified: 25 Mar 2011 08:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11020

Actions (login required)

View Item View Item