EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN KOOPE RATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION)PADA SUB POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

LESTAR, WIJI (2007) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN KOOPE RATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION)PADA SUB POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halamann Depan)
dpn.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (lampiran)
lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar ditinjau dari perbedaan metode pembelajaran (2) Perbedaan prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar siswa (3) Interaksi antara metode mengajar dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas. Sebagai sampel diambil dua kelas sebanyak 70 siswa yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan Cluster sampling cara undian. Proses pengambilan data menggunakan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika siswa, metode angket untuk memperoleh data gaya belajar, dan metode dokementasi sebagai metode pendukung untuk memperoleh data prestasi belajar matematika dan data gaya belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji Normalitas dengan Lillifors dan Homogenitas dengan metode Bartlett. Berdasarkan hasil penelitian dengan α = 5% diperoleh : (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan metode pembelajaran dengan Fhitung = 4,873 (2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari gaya belajar siswa dengan Fhitung = 29,684 (3) tidak terdapat interaksi antara metode mengajar dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan Fhitung = 1,887.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kooperatif, STAD, gaya belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2011 05:30
Last Modified: 25 Mar 2011 05:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11018

Actions (login required)

View Item View Item