PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

Ariyanti S, Heny (2008) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A420040047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2008/A420040047...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar biolgi pokok bahasan sistem peredaran darah dengan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share pada siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan posttes pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ( ranah kognitif = 6,575 atau meningkat sebesar 1,15 dari nilai awal; ranah afektif = 23,075 (termasuk kategori kurang berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 7,475 atau meningkat sebesar 0,9 dari siklus I; ranah afektif = 33,35 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 10,275 dari siklus I)). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif pada siklus III = 8,925 atau meningkat sebesar 1,45 dari siklus II; ranah afektif = 40,525 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 7,175 dari siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tipe TPS (Think-Pair-Share) meningkatkan hasil belajar biologi pada pokok bahasan sistem peredaran darah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran tipe TPS (Think-Pair-share)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 22 Aug 2008 02:05
Last Modified: 17 Nov 2010 14:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item View Item