PENGARUH VOLUME EKSTRAK JAHE (Zingiber officinale Rasc.) DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP KADAR PROTEIN TERLARUT DAGING SAPI

MULYADI , KUKUH (2007) PENGARUH VOLUME EKSTRAK JAHE (Zingiber officinale Rasc.) DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP KADAR PROTEIN TERLARUT DAGING SAPI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (143kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
BAB_II,III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (bab IV dan V)
BAB_IV,V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)

Abstract

Jahe merupakan bahan yang mengandung enzim protease, berguna untuk melunakkan daging dan memecah protein. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh volume ekstrak jahe dan lama perendaman terhadap kadar protein terlarut daging sapi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan percobaan acak lengkap pola faktorial yang tediri dari 2 faktor, yaitu faktor pertama volume (6, 7, 8, 9 dan 10 ml), dan faktor kedua lama perendaman (40, 50, 60, 70 dan 80 menit ). Pengukuran kadar protein menggunakan metode biuret. Data dianalisis dengan analisis anava dua jalur dan dilanjutkan dengan uji DMRT. Dari hasil analisis anava dua jalur diperoleh volume ekstrak jahe, lama perendaman dalam ekstrak jahe sangat berpengaruh terhadap peningkatan kadar protein terlarut daging sapi dan interaksi volume dan lama perendaman dalam ekstrak jahe berpengaruh terhadap peningkatan kadar protein terlarut daging sapi. Dari uji DMRT di dapatkan Volume 6, 7 dan 8 ml sangat berbeda nyata dengan volume 9 dan 10 ml. Lama perendaman 40, 50, 60, 70, dan 80 menit tidak berbeda nyata atau mempunyai pengaruh yang relatif sama. Interaksi volume dan lama perendaman antar kelompok A, B, dan C sangat berbeda nyata. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa volume ekstrak jahe 9 ml dan 10 ml merupakan volume terbaik yang dapat meningkatkan kadar protein terlarut daging sapi sebesar 19.518 g% dan 21.782 g%. Lama perendaman 40 sampai dengan 70 menit memberikan pengaruh yang sama terhadap peningkatan kadar protein terlarut daging sapi. Interaksi perlakuan di peroleh kadar protein terbaik pada kode perlakuan C ( V9/L70, V9/L50, V10/L60, V10/L70, V10/L80)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: volume dan lama perendaman, ekstrak jahe, kadar protein, daging sapi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2011 04:48
Last Modified: 24 Mar 2011 04:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10969

Actions (login required)

View Item View Item