Ayuningtyas, Arina and -, Koesoemo Ratih, Ph. D and -, Muamaroh, Ph.D (2023) Strategies Used By The Teacher In Teaching Speaking In Merdeka Curriculum At SMP N 13 Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Bab I)
CHAPTER I.pdf Download (215kB) |
|
PDF (Bab II)
CHAPTER II.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
|
PDF (Bab III)
CHAPTER III.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
PDF (Bab IV)
CHAPTER IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) |
|
PDF (Bab V)
CHAPTER V.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
REFERENCES.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran APPENDIX ARINA.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat unggah.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
Article Publication Arina.pdf Download (525kB) |
|
PDF (cover)
00 Depan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa Inggris telah dijadikan sebagai alat strategi dan strategi pengembangan sumber daya manusia pada berbagai masa dalam sejarah pendidikan di dunia ini. Mengajar bahasa Inggris bukanlah hal yang mudah. Dengan tingkat keterampilan yang berbeda di setiap kelas, guru harus menggunakan strategi yang efektif yang memungkinkan siswa untuk mempelajari materi. Strategi belajar mengajar dapat disebut sebagai metode yang dipilih oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dalam lingkungan belajar tertentu, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Dari pernyataan tersebut, peneliti menganalisis strategi yang digunakan oleh guru dalam mengajar berbicara di Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam mengajar berbicara dalam Kurikulum Merdeka; (2) Mendeskripsikan penerapan strategi-strategi yang digunakan guru dalam mengajar berbicara dalam Kurikulum Merdeka; (3) Untuk mengetahui tantangan apa yang dihadapi guru dalam mengajar berbicara dalam Kurikulum Merdeka. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah dua guru Bahasa Inggris yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 13 Surakarta. Data penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner dan didukung dengan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan teori Miles dan Huberman dalam Sugiyono, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menunjukkan keterpercayaan data, penelitian ini menggunakan triangulasi metodologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris menggunakan dua strategi dalam mengajar berbicara dalam Kurikulum Merdeka yakni menggunakan strategi bermain peran dan tanya jawab. Kemudian, guru menerapkan strategi tersebut berdasarkan modul dan prosedur pengajaran yaitu pra kegiatan, inti kegiatan dan pasca kegiatan. Kemudian, tantangan yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris ketika diajarkan berbicara adalah hambatan siswa seperti siswa merasa malu, tidak percaya diri, khawatir membuat kesalahan, kemudian kurangnya kosa kata siswa, pasif dalam berpartisipasi, lebih suka menggunakan bahasa asli daripada bahasa Inggris, dan kesulitan dalam menerapkan kebijakan kurikulum baru.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Mengajar, Pengajaran Berbicara, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Arina Ayuningtyas |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 08:03 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 08:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/109481 |
Actions (login required)
View Item |