PENGARUH KONSENTRASI RAGI DAN LAMA FERMENTASI KULIT PISANG AMBON (Musa paradisiaca L. var sapientum kuntze) TERHADAP KADAR ALKOHOL

DIASTUTI, DINA FITRI OKTAVIA REPINING (2007) PENGARUH KONSENTRASI RAGI DAN LAMA FERMENTASI KULIT PISANG AMBON (Musa paradisiaca L. var sapientum kuntze) TERHADAP KADAR ALKOHOL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (30kB)

Abstract

Pisang sejak lama telah dikenal sebagai buah yang lezat dan berkhasiat bagi kesehatan. Tanaman pisang merupakan tanaman hortikultura yang penting di dunia karena potensi produksinya yang cukup besar. Di Indonesia cocok untuk pertumbuhan tanaman pisang dan hampir di seluruh wilayah di Indonesia merupakan daerah penghasil pisang. Kulit pisang yang sudah tidak dimanfaatkan dapat difermentasi menghasilkan produk yang mempunyai nilai ekonomi tinggi yaitu alkohol. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ragi dan lama fermentasi kulit pisang ambon terhadap kadar alkohol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial dengan 2 faktor perlakuan yaitu konsentrasi ragi (R) dan lama fermentasi (F). Dari hasil penelitian diperoleh data yaitu kadar alkohol pada lama fermentasi 6 hari dengan konsentrasi ragi 3 g/0,5 kg kulit pisang ambon sebesar 1,95%, sedangkan pada konsentrasi ragi 4 g/0,5 kg kulit pisang ambon sebesar 2,28 %. Rata-rata alkohol dari lama fermentasi 9 haridengan konsentrasi ragi 3 g/0,5 kg kulit pisang ambon sebesar 3,33%, sedangkan pada konsentrasi ragi 4 g/0,5 kg kulit pisang ambon sebesar 3,93%. Konsentrasi ragi dan lama fermentasi yang paling optimal adalah perlakuan F2R2 (lama fermentasi 9 hari untuk konsentrasi ragi 4 g/0,5 kg kulit pisang ambon)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fermentasi, Kulit pisang ambon, Kadar alkohol
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2011 05:03
Last Modified: 23 Mar 2011 05:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10942

Actions (login required)

View Item View Item