PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA POKOK BAHASAN FAKTORISASI SUKU ALJABAR (Kelas VIII Semester I SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali)

Haryanto, Nugroho Tedi (2007) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA POKOK BAHASAN FAKTORISASI SUKU ALJABAR (Kelas VIII Semester I SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (full texs)
A410020028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
bab.1.pdf

Download (768kB)
[img]
Preview
PDF (daftar.pustaka)
daftar.pustaka.pdf

Download (748kB)
[img]
Preview
PDF (Hal.depan)
hal.depan.pdf

Download (767kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk merancang media pembelajaran berbasis TIK pada pokok bahasan Faktorisasi Suku Aljabar menggunakan Microsoft Power Point. (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa terhadap matematika dengan menggunakan Microsoft Power Point pada pembelajaran matematika. Media ini diujicobakan di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2006/2007. Subyek penelitian ini adalah kelas VIII A yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode angket, observasi, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari perancangan media pembelajaran ini cukup membantu guru dalam proses belajar matematika dan merupakan salah satu alternatif pembelajaran dikelas yang menarik. Media pembelajaran ini diujicobakan dalam proses pembelajaran dikelas untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa sedang. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media ini dapat diterapkan dalam proses pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, TIK
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Mar 2011 09:25
Last Modified: 21 Mar 2011 09:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10911

Actions (login required)

View Item View Item