UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDAYAGUNAAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Muhammadiyah Surakarta I Cilacap)

FAJARWATI, NUR LAILA (2006) UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDAYAGUNAAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Muhammadiyah Surakarta I Cilacap). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
depan.pdf

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Meningkatkan minat belajar Matematika yang dibatasi oleh perasaan senang, perhatian, kemauan, konsentrasi dan kesadaran siswa; 2). Mendiskripsikan bagaimana proses pembelajaran matematika melalui pendayagunaan alat peraga. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah I Cilacap yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil tindakan kelas adalah : 1). Peningkatan minat belajar matematika yang dibatasi dengan perasaan senang siswa mencapai 32 siswa (80 %); perhatian siswa mencapai 33 siswa (82,5 %); kemauan siswa mencapai 28 siswa (70 %); konsentrasi siswa mencapai 35 siswa ((87,5 %); kesadaran siswa mencapai 35 siswa (87,5 %); 2). Proses belajar dimulai dari : a). Menggunakan pola pembelajaran dengan kombinasi klasikal, kelompok, dan individual; b). Memberikan tujuan pembelajaran, inti materi ajar dan kegiatan yang akan dilakukan; c). Menyampaikan materi dengan pengoptimalan penggunaan alat peraga; d). Memberi petunjuk langkah-langkah pengerjaan pada soal yang dianggap sulit; e). Mengingatkan siswa untuk mengulangi materi ajar yang sudah dibahas; f). Mendorong semangat belajar siswa; g). Mengembangkan inisiatif siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan-minat, belajar-matematika, pendayagunaan, alat-peraga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2011 04:42
Last Modified: 07 Mar 2012 10:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10836

Actions (login required)

View Item View Item