PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN INQUIRY (PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan di Kelas V SD Negeri Makamhaji 01 Kartasura Tahun Pelajaran 2005/2006)

ROSMAWATI , ARI (2007) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN INQUIRY (PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan di Kelas V SD Negeri Makamhaji 01 Kartasura Tahun Pelajaran 2005/2006). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Ari-Cover.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Ari-1.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
Ari-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
Ari-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
Ari-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab V)
Ari-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-2&3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Lampiran )
Lampiran-5-9.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-10.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_11-14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) menggambarkan tindak mengajar yang dilakukan guru dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan inquiry, 2) meningkatkan kreativitas siswa melalui pendekatan inquiry, 3) menggambarkan tanggapan guru terhadap pendekatan inquiry dalam pembelajaran matematika. Subyek pemberi tindakan adalah guru kelas V SDN Makamhaji 01, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V sejumlah 21 siswa, subyek yang membantu pelaksanaan adalah kepala sekolah dan peneliti sebagai subyek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, metode tes, catatan lapangan, tanggapan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi penyelidik. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) proses pembelajaran matematika melalui pendekatan inquiry: a. Guru melaksanakan apersepsi dengan memberikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari; b. Siswa belajar secara berkelompok, guru memfasilitasi dan memberikan batasan diskusi; c. Siswa mempresentasikan dan menyimpulkan hasil temuan; d. Guru memantapkan kesimpulan dan hasil temuan siswa; e. Guru memberikan motivasi, 2) Terdapat peningkatan kreativitas siswa, yaitu pada a. Ciri-ciri kepribadian 33,34%, b. Kemampuan umum sebesar 19,05%, c. Konsekuensi dalam memberikan jawaban sebesar 52,39%, d. Kemahiran dalam menyelesaikan masalah sebesar 57,14%, 3) Guru memberikan tanggapan positif terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan proses inquiry dan proses inquiry ini menciptakan budaya belajar yang baru bagi siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 57,15%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan inquiry dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kreativitas siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, pembelajaran matematika, pendekatan inquiry
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2011 04:31
Last Modified: 11 Mar 2011 04:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10787

Actions (login required)

View Item View Item