PURWANI , ENDANG (2007) PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMUNIKASI INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD 3 AL-ISLAM Gebang Kadipiro Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF (Halaman Depan)
A._Halaman_Depan.pdf Download (66kB) |
|
|
PDF (Bab I)
B._BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
C._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab III)
D._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab IV)
E._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (Bab V)
F._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
G._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
H._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Komumikasi Interaktif, 2) Mengetahui peningkatan kemandirian siswa melalui model pembelajaran Komunikasi Interaktif, 3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam usaha peningkatan kemandirian siswa melalui model pembelajaran Komunikasi Interaktif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV SD 3 AI-Islam Gebang sebagai subjek pemberi tindakan, Kepala Sekolah dan peneliti sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas IV SD 3 AI-Islam Gebang, tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 38 siswa sebagai subjek yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru Matematika, dan kepala sekolah. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran selama tiga putaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran matematika untuk menciptakan interaksi yang baik dengan siswa dan untuk menghindari dominasi guru dalam kegiatan belajar mengajar; 2) Adanya peningkatan kemandirian siswa sebelum diadakan tindakan sebesar 23,68%, kemudian setelah diadakan tindakan meningkat menjadi 84,21%; 3) Kendala-kendala yang dihadapi guru matematika keterbatasan alat peraga, proses pembelajaran yang membutuhkan waktu, yang relatif lama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Komunikasi Interaktif dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar Matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian siswa, Model Pembelajaran Komunikasi Interaktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 10 Mar 2011 03:44 |
Last Modified: | 10 Mar 2011 03:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10772 |
Actions (login required)
View Item |