ANALISIS LOGIKA BAHASA: TINJAUAN SILOGISME DALAM BENTUK SATUAN LINGUAL COPYWRITING IKLAN DI SWALAYAN KOTA SOLO BULAN AGUSTUS 2005

MALVIANI , DIANA (2006) ANALISIS LOGIKA BAHASA: TINJAUAN SILOGISME DALAM BENTUK SATUAN LINGUAL COPYWRITING IKLAN DI SWALAYAN KOTA SOLO BULAN AGUSTUS 2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL._DEPAN_DIANA.pdf

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (271kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_DIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_DIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_DIANA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong analisis ini adalah karena copywriting iklan dapat dipakai dalam bahasa tulis yaitu untuk menentukan silogisme dengan logika bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bentuk satuan lingual yang mengandung silogisme, (2)mengetahui bentuk silogisme, dan (3) mengidentifikasi pola silogisme yang terdapat dalam copywriting iklan di swalayan kota Solo bulan Agustus 2005. Objek penelitian ini berupa silogisme pada copywriting iklan di swalayan kota Solo bulan Agustus 2005. Penelitian dilakukan dengan mengambil data yang berupa iklan yaitu copywriting iklan di swalayan kota Solo bulan Agustus 2005. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak diikuti dengan teknik catat. Teknik catat yaitu mencatat ujaran copywriting iklan di swalayan dengan apa adanya yang sesuai dalam kartu data. Analisis data menggunakan metode agih dengan teknik perluas, teknik lesap, dan teknik parafrase. Penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal, yakni menggunakan rumusan kata-kata dan metode formal, yakni perumusan dengan tanda atau lambang-lambang. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Satuan lingual dapat berupa frase terdapat dalam copywriting iklan di swalayan kota Solo bulan Agustus 2005 yang meliputi : (a) Frase benda, (b) Frase kerja, (c) Frase bilangan, (d) Frase keterangan, dan (e) Frase depan. (2) Silogisme copywriting iklan di swalayan kota Solo bulan Agustus 2005 mengacu pada (a) Silogisme kategoris meliputi: (silogisme kategoris bentuk I, silogisme kategoris bentuk II, silogisme kategoris bentuk III, dan silogisme kategoris bentuk IV), (b) Silogisme hipotesis meliputi: (silogisme kondisional dan silogisme disjungtif). (3) Pola silogisme dalam copywriting iklan di swalayan kota Solo bulan Agustus 2005 mengacu pada: (a) Pola silogisme pertama meliputi: (AI-AII DARII, EA-EAE CELARENT, dan EI-EIO FERIO), (b) Pola sologisme kedua meliputi: (AE-AEE CAMETRES, AO-AOO BAROCO, dan EI-EIO FESTINO), (c) Pola silogisme ketiga meliputi: (AA-AAI DARAPTI, AI-AII DATISI, EA-EAO FELAPTON, dan IA-IAI DISAMIS), (d) Pola silogisme keempat meliputi: (EA-EAO FESAPO, dan EI-EIO FRESISON).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Copywriting iklan, frase, silogisme.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2011 05:25
Last Modified: 07 Mar 2011 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10668

Actions (login required)

View Item View Item