ANALISIS KALIMAT BAHASA INDONESIA DI DALAM SURAT PRIBADI SISWA KELAS V SD NEGERI 02 TUNGGULREJO KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR

PURWOKO , JOKO (2006) ANALISIS KALIMAT BAHASA INDONESIA DI DALAM SURAT PRIBADI SISWA KELAS V SD NEGERI 02 TUNGGULREJO KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (234kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran I)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran II)
Lampiran_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat kesalahan berbahasa, (2) kesalahan ejaan, (3) kesalahan diksi, dan (4) kesalahan struktur kalimat dalam surat pribadi siswa SD Negeri 02 Tunggulrejo Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2005/2006. Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri 02 Tunggulrejo Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 02 Tunggulrejo Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2005/2006. Data yang digunakan adalah data primer berupa surat pribadi siswa SD dan data sekunder berupa arsip dan buku referensi. Data yang diperlukan diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan simak. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kesalahan berbahasa dalam surat pribadi siswa SD Negeri 02 Tunggulrejo Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2005/2006 terletak pada kesalahan ejaan (36,9%), kesalahan diksi (36,9%), baru kesalahan struktur kalimat (21,43%). (2) Kesalahan ejaan terletak pada kesalahan tanda baca, kesalahan penulisan kata depan, kesalahan penulisan nama tempat dan nama bulan, dan kesalahan penggunaan huruf besar. (3) Kesalahan diksi terletak pada kesalahan pemilihan kata yang tidak efektif dan pengulangan kata yang tidak perlu. (4) Kesalahan struktur kalimat terletak pada penempatan dan ketidaklengkapan subjek, predikat, dan objek dalam kalimat BI serta penalaran kalimat yang tidak nalar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesalahan berbahasa, surat pribadi, diksi, ejaan, struktur kalimat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2011 05:08
Last Modified: 07 Mar 2011 05:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10666

Actions (login required)

View Item View Item