Nilai Moral Dalam Novel Berjalan Di Atas Cahaya Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra Di SMA: Kajian Sosiologi Sastra

Aini, Annisa and , Dipa Nugraha Suyitno, P.hD. (2022) Nilai Moral Dalam Novel Berjalan Di Atas Cahaya Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra Di SMA: Kajian Sosiologi Sastra. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI EPRINT.pdf

Download (621kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN EPRINT.pdf

Download (578kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab I.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Skripsi.pdf

Download (229kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang nilai moral yang terdapat dalam novel Berjalan Di Atas Cahaya melalui tinjauan sosiologi sastra dan relevansinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan struktur yang terdapat dalam novel Berjalan di Atas Cahaya karya Hanum Salsabiela Rais, 2) Mendeskripsikan nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Berjalan di Atas Cahaya karya Hanum Salsabiela Rais, 3) Mendeskripsikan relevansi pembelajaran yang sesuai dengan novel Berjalan di Atas Cahaya karya Hanum Salsabiela Rais berdasarkan nilai moral yang ditemukan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. objek penelitian ini nilai moral yang terdapat dalam novel Berjalan Di Atas Cahaya dengan subjek penelitian novel Berjalan Di Atas Cahaya. Data dalam penelitian ini yaitu nilai moral yang terdapat dalam novel Berjalan Di Atas Cahaya berupa kutipan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu novel Berjalan Di Atas Cahaya. Pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis semiotika. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat fakta cerita yang terdir dari alur, karakter dan penokohan, latar dan tema. 2) Nilai moral yang terdapat dalam novel Berjalan Di Atas Cahaya yaitu nilai moral: pantang menyerah, kesetiaan, kejujuran, kerja keras, keikhlasan, menghormati orang tua, menolong orang lain, berani, taat beragama, dan kerendahan hati. 3) Peneliti menemukan nilai moral yang terdapat dalam novel Berjalan Di Atas Cahaya dapat digunakan dan dipertimbangkan dalam pembelajaran. Pesan moral dalam novel Berjalan Di Atas Cahaya relevan dengan kompetensi dasar 3.11 yaitu menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesan Moral, Sosiologi Sastra, Pembelajaran Sastra.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5101 Indonesian Language Education
P Language and Literature > PO Indonesia Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: ANNISA NURUL AINI
Date Deposited: 28 Nov 2022 00:58
Last Modified: 28 Nov 2022 00:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/106601

Actions (login required)

View Item View Item