Dwi Armiyanti, Ros and -, Dr. Djalal Fuadi, M.M. and -, Dr. Anatri Desstya, M.Pd. (2022) Pengembangan E-Modul Tematik Berbasis Pendekatan SAVI Dengan Berbantuan Aplikasi SWAY. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (181kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Data prapenelitian dari 29 responden guru kelas 5 di Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo yang dipilih secara Stratified Random Sampling menunjukkan beberapa masalah dalam pelaksanaan pembelajaran daring, seperti: siswa lebih bisa mengikuti pembelajaran asynchronous dibandingkan synchronous, keterbatasan kuota internet, sinyal internet lemah, kepemilikan perangkat digital seperti smartphone dan laptop, kebutuhan terhadap e-modul yang dapat dikreasi sendiri oleh guru dan dapat diakses oleh siswa secara gratis dan mudah untuk mendukung pembelajaran daring. Tujuan penelitian ialah: 1) menganalisis kebutuhan e-modul tematik berbasis model pembelajaran SAVI dengan berbantuan aplikasi SWAY, 2) menghasilkan desain dan produk e-modul tematik berbasis model pembelajaran SAVI dengan berbantuan aplikasi SWAY, dan 3) mengevaluasi kelayakan dan efektivitas pada e-modul tematik berbasis model pembelajaran SAVI dengan berbantuan aplikasi SWAY terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas 5. Jenis penelitian ialah penelitian R&D model pengembangan 4D yang dibatasi hanya pada tahap Define, Design, Develop. Waktu penyusunan dilakukan pada bulan November 2021–Juli 2022. Desain eksperimen adalah One Group Pretest-Posttest Design. Data diambil melalui teknik angket, wawancara, dan studi literatur. Uji efektivitas meliputi uji T dan uji N-Gain. Data diperoleh dari pretest dan posttest yang dikerjakan oleh siswa. Uji T dihitung dengan menggunakan taraf kepercayaan 95% dengan nilai t tabel 2,0452. Nilai signifikansi uji T yang didapat yaitu: PPKn sebesar 3,0262 > 2,0452, Bahasa Indonesia sebesar 4,4752 > 2,0452, IPA sebesar 2,8266 > 2,0452, IPA sebesar 2,3789 > 2,0452, SBdP sebesar 3,0631 > 2,0452. Oleh karena t hitung lebih besar dari t tabel maka H1 diterima. Sehingga, terdapat perbedaan hasil belajar pretest dan posttest siswa yang signifikan, di mana siswa yang belajar dengan menggunakan e-modul tematik mendapatkan rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakannya. Hasil uji N-gain yaitu: PPKn sebesar 55,5556, Bahasa Indonesia sebesar 58,05556, IPA sebesar 56,6667, IPS sebesar 56,6667, dan SBdP sebesar 56,1111 yang berdasarkan kriteria nilai N-gain termasuk ke dalam kategori ‘cukup efektif’. Hasil perhitungan tersebut berarti bahwa terjadi peningkatan hasil belajar menggunakan e-modul tematik kelas eksperimen yang lebih baik dibandingkan sebelum menggunakannya. Sehingga, hipotesis yang diterima adalah produk pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran SAVI dengan berbantuan aplikasi SWAY cukup efektif untuk dijadikan bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-Modul, SAVI, SWAY, Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | ROS DWI ARMIYANTI |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 07:15 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 07:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/105657 |
Actions (login required)
View Item |