PERENCANAAN ANGGARAN PAJAK DALAM PELAKSANAAN KEWAJIBAN PAJAK PENGHASILAN YANG BENAR DAN EFISIEN PADA PT. BATIK BROTOSENO DI SRAGEN TAHUN 2003 – 2005

WAHYUDI , ARDITYA TRI (2007) PERENCANAAN ANGGARAN PAJAK DALAM PELAKSANAAN KEWAJIBAN PAJAK PENGHASILAN YANG BENAR DAN EFISIEN PADA PT. BATIK BROTOSENO DI SRAGEN TAHUN 2003 – 2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._PENDAHULUAN.pdf

Download (191kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
2._BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf

Download (94kB)

Abstract

Arditya Tri Wahyudi. A 210 010 080. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perencanaan anggaran pajak perusahaan memenuhi kewajiban perpajakan perusahaan secara benar dan efisien pada PT. Batik Brotoseno di Sragen tahun 2003 – 2005. Populasi dalam penelitian ini adalah Anggaran Pajak dan Laporan Keuangan PT. Batik Brotoseno di Sragen tahun 2003 – 2005. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode Dokumentasi, yaitu : Anggaran Pajak tahun 2003-2005, Laporan Keuangan tahun 2003-2005. Interview, data yang diperoleh adalah proses perencanaan pajak perusahaan yang dilakukan dengan pihak pimpinan atau staf perusahaan, dan observasi pada PT. Batik Brotoseno di Sragen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu menggunakan perhitungan rugi/laba dengan metode komersil dan metode fiskal. Dengan batas-batas yang diliput adalah data yang muncul dengan parameter yang digunakan bukan perhitungan statistik. dan yang bisa “diproses” kira-kira sebelum siap digunakan melalui pencatatan, pengertian, penyuntingan atau ahli tulis, dengan menggunakan kata-kata yang disusun ke dalam teks yang diperluas. Kemudian data dianalisa dengan mengolah data–data yang diperoleh melalui penelitian ke dalam bentuk laporan yang sistimatis. Berdasarkan hasil analisis, PT. Batik Brotoseno di Sragen berusaha menghindari pelanggaran terhadap peraturan perpajakan yang akan menimbulkan dikenakannya sanksi. Perencanaan pajak yang dilakukan oleh perusahaan PT. Batik Brotoseno selalu dalam koridor hukum. Perencanaan anggaran pajak dalam wujud neraca metode komersil dan metode fiskal, rugi/laba metode komersil dan metode fiskal menunjukkan perbedaan pada jumlah atau besarnya pendapatan kena pajak. Hasil pendapatan kena pajak perusahaan PT. Batik Brotoseno di Sragen dalam penghitungan terdapat selisih yang cukup material untuk tahun 2003, 2004, dan tahun 2005 sebesar Rp 10.720.000. Pendapatan kena pajak secara metode komersil lebih besar dari pada metode fiskal. Perusahaan memahami dan mengetahui metode yang tepat sehingga memberikan keuntungan dalam pengambilan keputusan dalam perencanaan anggaran pajak sebagai pelaksanaan kewajiban pajak penghasilan yang benar dan efisien.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Anggaran Pajak, Kewajiban Pajak Penghasilan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2011 09:52
Last Modified: 16 Feb 2011 09:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10405

Actions (login required)

View Item View Item