HUBUNGAN MASA KERJA PADA PEKERJAAN MENCETAK CONE CE CREAM DENGAN KECENDERUNGAN TERKENA DE QUERVAIN’S TENDONITIS (DQT) DI SIBOLGA (MEDAN)

HARIANI , DWI (2010) HUBUNGAN MASA KERJA PADA PEKERJAAN MENCETAK CONE CE CREAM DENGAN KECENDERUNGAN TERKENA DE QUERVAIN’S TENDONITIS (DQT) DI SIBOLGA (MEDAN). Skripsi thesis, UMS.

[img]
Preview
PDF
J110050002.pdf

Download (282kB)
[img] PDF
J110050002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Faktor pekerjaan yang di duga sebagai salah satu penyebab terjadinya De Quervain’s Tendonitis (DQT) belum banyak di perhatikan di Indonesia. Dari survey pendahuluan diketahui bahwa 25% pencetak cone ice cream di sibolga melakukan gerakan berulang-ulang pada tangan tepatnya pada daerah pergelangan tangan bawah saat bekerja yang merupakan factor resiko terjadinya De Quervain’s Tendonitis (DQT). Penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui factor pekerjaan yang berhubungan dengan kejadian De Quervain’s Tendonitis (DQT) pada pencetak cone ice cream di sibolga. Jenis penilitian ini adalah penelitian dengan pendekatan metode survei non eksperiment, desain penelitian cross sectional yang bersifat deskriptif, dimana expesure (Penyebab) dan outcome (Dampak) diteliti dalam waktu yang sama (point time approach), dengan sample sebanyak 30 responden. Responden dalam penelitian ini seluruhnya bekerja sebagai pencetak cone ice cream di sibolga. Uji statistic untuk mengetahui hubungan antara pekerjaan mencetak cone ice cream dengan kecenderungan terkena De Quervain’s Tendonitis (DQT) di sibolga menggunakan uji chi square dengan bantuan program SPSS 11.5 for windows dan dihasilkan probabilitas (ρ) sebesar 0.002 < 0.05 sehingga Ho ditolak atau Hi di terima. Jadi terdapat hubungan masa kerja pada pekerjaan dengan kecenderungan De Quervain’s tendonitis (DQT) pada pekerja mencetak cone ice cream di Sibolga. Hasil penelitian menunjukkan masa kerja yang merupakan faktor resiko terjadinya De Quervain’s tendonitis (DQT) pada responden yaitu gerakan yang berulang-ulang dan dalam jangka waktu yang lama.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: De Quervains Tendonitis, Masa Kerja
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2011 10:20
Last Modified: 11 Feb 2011 10:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10370

Actions (login required)

View Item View Item