PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LIGHTENING THE LAERNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

APRILINIAWATI, RIZA (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LIGHTENING THE LAERNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410060289.pdf

Download (108kB)
[img] PDF
A410060289.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematikan melalui strategi pembelajaran aktif tipe Lightening The Learning Climate pada pokok bahasan kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII.A SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 41 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode tes, metode dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran aktif tipe Lightening The Learning Climate. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Banyaknya siswa yang bertanya sebelum diadakan tindakan sebesar 7,31%, di akhir tindakan mencapai 70,73%. 2) Siswa yang memperhatikan penjelasan dari guru sebelum diadakan tindakan sebesar 53,65%, di akhir tindakan mencapai 95,12%. 3) Siswa yang menanggapi/menjawab permasalahan sebelum tindakan sebesar 9,76%, di akhir tindakan mencapai 75,60%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa, sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 sebesar 43,90% dan di akhir tindakan mencapai 80,49%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Lightening The Learning Climate dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lightening The Learning Climate, motivasi, prestasi balajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Feb 2011 04:53
Last Modified: 08 Jun 2012 11:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10313

Actions (login required)

View Item View Item