HUBUNGAN KEAKTIFAN KADER POSYANDU DENGAN PENGETAHUAN TENTANG PROGRAM POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PUHPELEM KECAMATAN PUHPELEM KABUPATEN WONOGIRI

WIJAYANTI , BETTY YULIANA WAHYU (2010) HUBUNGAN KEAKTIFAN KADER POSYANDU DENGAN PENGETAHUAN TENTANG PROGRAM POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PUHPELEM KECAMATAN PUHPELEM KABUPATEN WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
J310060027.pdf

Download (77kB)
[img] PDF
J310060027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)

Abstract

HUBUNGAN KEAKTIFAN KADER POSYANDU DENGAN akan semakin banyak pengetahuan tentang Posyandu, menambah wawasan serta pengalaman untuk mengelola Posyandu sehingga kader mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi dalam pelaksanaan kegiatan Posyandu. Sehingga keaktifan seorang kader sangat mempengaruhi pengetahuan kader tentang Posyandu. Tujuan Mengetahui hubungan keaktifan kader posyandu dengan pengetahuan tentang posyandu di wilayah kerja Puskesmas Puhpelem Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri. Metode Penelitian Jenis penelitian bersifat analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian adalah semua kader Posyandu yang ada di wilayah kerja Puskesmas Puhpelem Kecamatan Puhpelem, Wonogiri sebanyak 164 orang kader. Sampel dalam penelitian adalah 35 kader dari Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Puhpelem. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Pengujian data dilakukan dengan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil Kader yang aktif mengikuti kegiatan Posyandu sebanyak 28 kader (80 %). Sebagian besar kader mempunyai pengetahuan yang baik tentang Posyandu sebanyak 18 kader (51,4 %). Hasil uji hubungan antara keaktifan kader posyandu dengan pengetahuan tentang posyandu di wilayah kerja Puskesmas Puhpelem Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri diperoleh nilai p = 0,011. Kesimpulan Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara keaktifan kader posyandu dengan pengetahuan tentang posyandu di wilayah kerja Puskesmas Puhpelem Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Kader, Pengetahuan Tentang Posyandu.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2011 09:15
Last Modified: 14 Sep 2022 07:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10294

Actions (login required)

View Item View Item