PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA PARAPLEGI KARENA POST OPERASI BURST FRAKTUR VERTEBRA THORAKAL XII FRANKLE A DI RSO Dr. SOEHARSO SURAKARTA

PUTRI , AJENG PUSPITASARI (2010) PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA PARAPLEGI KARENA POST OPERASI BURST FRAKTUR VERTEBRA THORAKAL XII FRANKLE A DI RSO Dr. SOEHARSO SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
J100070007.pdf

Download (79kB)
[img] PDF
J100070007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)

Abstract

Kompresi vertebra thorakal 12 merupakan salah satu faktor penyebab cidera medulla spinalis. Apabila cedera medulla spinalis terjadi, maka akan mengalami tahap spinal shock yaitu terganggunya aktivitas motoris, sensoris, fungsi biodder danbowel, serta aktivitas fungsional. Sehingga sangat diperlukan pelayanan tim rehabilitasi medik secara dini dan tepat. Dalam hal ini fisik kinerja berperan dalam pemeliharaan dipeninkatan kapasitas fisik dan kemampuan fungsional. Pada kasus ini fisioterapi bertujuan meningkatkan kekuatna otot anggota gerak atas, mencegah gangguan pernapasan, menjaga mobilitas sendi agar tidak terjadi ketrbatasan lingkup gerak sendi serta kontraktur meningkat, Fussi biader dan bowel dan meningkatkan aktivitas fungsional serta mencegah bertambahnya decubintus. Metode penelitian yang digunakan adlaah studi kasus, sebanyak 6 kali terapi. Pada kasus ini dilakukan pemeriksaan kekuatan otot dengan manual muscle testing, gangguan pernapasan dengan auskultasi, lingkup gerak sendi dengan goniometer dan aktifitas fungsional dengan activity daily of living. Setelah dilakukan terapi latihan dengan melakukan analisis secara deduktif, dan induktif diperoleh hasil terapi. Yaitu mengalami kemajuan dalam hal (1) tidak terjadi peningkatan otot anggota gerak bawah dan terpeliharanya kekuatan otot anggota gerak atas (2) tidak terjadi gangguan pernapasan (3) tidak terjadi keterbatasan LGS, kontraktur anggota gerak bawah dan (4) adanya peningkatan aktifitas fungsional dan tidak adanya dekubintus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: terapi latian, fraktur kompresi, vertebra thorakal 12, franke A, cedera medulla spinalis
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2011 09:38
Last Modified: 01 Feb 2011 09:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10202

Actions (login required)

View Item View Item