PERBEDAAN PERILAKU PENCARIAN INFORMASI, PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN PERILAKU SEKSUAL REMAJA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS (SLTA) NEGERI DAN SWASTA DI KABUPATEN SUKOHARJO

PUSPITASARI, DYAH ANGGRAINI (2010) PERBEDAAN PERILAKU PENCARIAN INFORMASI, PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN PERILAKU SEKSUAL REMAJA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS (SLTA) NEGERI DAN SWASTA DI KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J410060039.pdf

Download (167kB)
[img] PDF
J410060039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)

Abstract

Sukoharjo sebagai kabupaten peralihan antara kota dan desa sangat memungkinkan masuknya arus informasi yang berkembang sehingga dapat mempengaruhi perilaku pencarian informasi, pengetahuan dan perilaku seksual remaja SLTA Negeri dan Swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan perbedaan perilaku pencarian informasi, pengetahuan kesehatan reproduksi, dan perilaku seksual remaja antara SLTA Negeri dan Swasta di Kabupaten Sukoharjo. Metode penelitian ini adalah studi observasional dengan rancangan cross sectional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri I dan SMK Tamansiswa Sukoharjo. Populasi penelitian sebanyak 1223 siswa SMA Negeri dan 830 SMA Swasta. Sampel sebanyak 172 siswa yang terdiri dari 86 pada masing-masing SMA yang meliputi kelas X dan XI dan diambil dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan perilaku pencarian informasi remaja SLTA Negeri dan Swasta di Kabupaten Sukoharjo (p=0,279), yaitu sama-sama kurang buruk. Terdapat perbedaan pengetahuan (p=0,033) dan perilaku seksual remaja (p=0,001) SLTA Negeri dan Swasta di Kabupaten Sukoharjo. Remaja SLTA Negeri memiliki pengetahuan dan perilaku seksual yang lebih baik dari pada SLTA Swasta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pencarian Informasi, Pengetahuan, Perilaku Seksual, SLTA Negeri dan Swasta
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 01 Feb 2011 09:19
Last Modified: 01 Feb 2011 09:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10178

Actions (login required)

View Item View Item