DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR ( DP3A ) SOLO TOURISM AND CULTURAL INFORMATION CENTER Sebagai Pusat Informasi Pariwisata dan Kebudayaan Di Surakarta

PRAMUDYASARI, DEFINA (2010) DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR ( DP3A ) SOLO TOURISM AND CULTURAL INFORMATION CENTER Sebagai Pusat Informasi Pariwisata dan Kebudayaan Di Surakarta. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D300060012.pdf

Download (343kB)
[img] PDF
D300060012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract

Kota Surakarta adalah nama sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah yang menduduki kota peringkat kesepuluh terbesar setelah Yogyakarta. Sisi timur kota ini dilewati sungai yang terabadikan dalam salah satu lagu keroncong, Bengawan Solo. Kota ini dulu juga tempat kedudukan dari residen, yang membawahi Karesidenan Surakarta di masa awal kemerdekaan. Berdirinya kota ini tidak terlepas dari sejarah Mataram, karena Solo pernah menjadi pusat pemerintahannya, 1745. Kota Surakarta adalah kota yang saat ini sedang mengalami perkembangan dalam sektor ekonomi dan pariwisatanya. Nilai budaya merupakan faktor pendukung terbesar dalam mendongkrak perkembangan pariwisata kota Surakarta. Kota yang terkenal dengan batik, semakin menambah daya tarik pariwisaata khususnya turis asing yang berkunjung di kota Surakarta. Bangunan-bangunan bersejarah dan keraton serta upacara kebudayaan menjadikan kota Surakarta lebih dikenal sebagai kota yang memiliki nilai historis yang tinggi sehingga kebutuhan akan informasi pariwisata saat ini juga tinggi. Untuk itu diperlukan sebuah bangunan yang berfumgsi sebagai pusat informasi pariwisata dan kebudayaan dengan konsep bangunan yang menmperlihatkan identitas kota Surakarta yang berbudaya dan modern.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kota , Jawa Tengah,Yogyakarta,keroncong,Bengawan Solo,residen, Mataram, Karesidenan Surakarta
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 01 Feb 2011 09:11
Last Modified: 11 Jun 2012 08:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10166

Actions (login required)

View Item View Item