FORMULASI TABLET EFFERVESCENT EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale Rosc) DENGAN KOMBINASI ASAM MALAT DAN ASAM TARTRAT SEBAGAI SUMBER ASAM DAN NATRIUM BIKARBONAT SEBAGAI SUMBER BASA

SHOLIHAH , MARATUSH (2010) FORMULASI TABLET EFFERVESCENT EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale Rosc) DENGAN KOMBINASI ASAM MALAT DAN ASAM TARTRAT SEBAGAI SUMBER ASAM DAN NATRIUM BIKARBONAT SEBAGAI SUMBER BASA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
K100060184.pdf

Download (194kB)
[img] PDF
K100060184.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)

Abstract

Rimpang jahe merah (Zingiber officinale Rosc) merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai obat antiemetik. Penggunaan rimpang jahe merah oleh masyarakat sebagai pengobatan masih dilakukan secara tradisional, hal ini dirasa kurang praktis dan rasa pahit dan pedas dari tanaman tidak dapat ditutupi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi asam malat-asam tartrat dan natrium bikarbonat dan untuk memformulasikan tablet effervescent ekstrak rimpang jahe merah (Zingiber officinale Rosc) dengan kombinasi asam malat dan asam tartrat dan natrium bikarbonat terhadap sifat fisik. Ekstrak rimpang jahe merah dibuat dengan metode maserasi menggunakan etanol 70%. Tablet effervescent dibuat 4 formula dengan kombinasi asam malat-asam tartrat dan Na bikarbonat 2:3:4 (FI), 2:2:5 (FII), 1:2:6 (FIII), 1:1:7 (FIV). Tablet yang dihasilkan diuji sifat alir granulnya dan sifat fisiknya meliputi keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan dan waktu larut tablet pada berbagai suhu dan respon rasanya. Data dianalisis secara teoritis dan statistik, yaitu dengan uji statistik Kolmogorov–Smirnov, apabila hasil signifikan maka dilakukan uji ANOVA dan dilanjutkan dengan uji t-LSD dengan taraf kepercayaan 95%. Semua tablet effervescent ekstrak rimpang jahe merah memenuhi persyaratan sifat fisik tablet kecuali pada waktu larut suhu 10°C pada FI dan FII, pada FI dengan perbandingan asam malat:asam tartrat:natrium bikarbonat 3:2:3 menghasilkan tablet dengan sifat fisik terbaik serta respon rasa termanis dan penerimaan responden yang tertinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rimpang jahe merah, asam malat-asam tartrat-natrium bikarbonat, tablet effervescent.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2011 09:58
Last Modified: 31 Jan 2011 09:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10134

Actions (login required)

View Item View Item