FORMULASI SEDIAAN TABLET FAST DISINTEGRATING ANTASIDA DENGAN PRIMOJEL® SEBAGAI BAHAN PENGHANCUR DAN LAKTOSA SEBAGAI BAHAN PENGISI

YULIESTIA, VIEROANCY HAPPY (2010) FORMULASI SEDIAAN TABLET FAST DISINTEGRATING ANTASIDA DENGAN PRIMOJEL® SEBAGAI BAHAN PENGHANCUR DAN LAKTOSA SEBAGAI BAHAN PENGISI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
K100060157.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
K100060157.pdf

Download (212kB)

Abstract

Antasida merupakan salah satu obat untuk mengatasi sakit maag dengan cara kerja menetralkan asam lambung yang berlebih. Diperlukan penggunaan obat antasida dalam bentuk sediaan yang lebih praktis dari sediaan tablet biasa dan suspensi. Salah satu alternatif bentuk sediaannya adalah fast disintegrating tablet (FDT) yang memiliki waktu hancur lebih cepat dari pada tablet biasa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variasi konsentrasi Primojel® sebagai bahan penghancur dan laktosa sebagai bahan pengisi terhadap sifat fisik granul dan tablet fast disintegrating antasida. Penelitian ini menggunakan 5 formula dengan perbandingan primojel® dan laktosa yang berbeda yaitu : FI (12%:13,83%), FII (14%:11,83%), FIII (16%:9,83%), FIV (18%:7,83%) dan FV (20%:7,83%). Metode pembuatan granul pada penelitian ini menggunakan metode granulasi basah. Granul diuji sifat fisiknya (waktu alir dan MC) dan diuji sifat fisik tabletnya (keseragaman bobot, kerapuhan dan waktu hancur). Data dianalisis dengan menggunakan ANAVA satu jalan dengan taraf kepercayaan 95% dan dilanjutkan dengan uji t (LSD). Hasil penelitian menunjukkan semakin besar konsentrasi laktosa semakin besar kandungan lembab, semakin lama waktu alir granul dan semakin besar nilai CV dari keseragaman bobot tablet fast disintegrating antasida. Semakin besar konsentrasi Primojel® semakin besar kerapuhan tablet dan semakin cepat waktu hancur tablet fast disintegrating antasida.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: antasida, primojel®, laktosa, fast disintegrating tablet.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 31 Jan 2011 09:10
Last Modified: 12 Jun 2012 08:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10110

Actions (login required)

View Item View Item