PERENCANAAN PENILAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SMA MUHAMMADIYAH KOTA SURAKARTA (Studi Multi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, SMA Muhammadiyah 2 Surakarta dan SMA Muhammadiyah 3 Surakarta)

ROCHAYAH, ENY (2008) PERENCANAAN PENILAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SMA MUHAMMADIYAH KOTA SURAKARTA (Studi Multi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, SMA Muhammadiyah 2 Surakarta dan SMA Muhammadiyah 3 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040121.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan memaknai hal-hal yang paling mendasar dalam perencanaan penilaian pembelajaran matematika KTSP SMA Muhammadiyah kota Surakarta. Peneliti menggunakan pendekatan naturalistik-fenomenologis dengan metode kualitatif. Tempat penelitian SMA Muhammadiyah 1, 2, dan 3 Surakarta. Subjek penelitian adalah guru matematika, siswa, dan dokumen-dokumen yang ditentukan secara purposif dan snowball sampling. Metode pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode serta member check. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian, (1) perencanaan penilaian pembelajaran matematika KTSP SMA Muhammadiyah 1, 2, dan 3 Surakarta berdasarkan prinsip valid, obyektif, adil, terbuka, bermakna, mendidik, menyeluruh, berkesinambungan, dan disesuaikan dengan pencapaian kompetensi siswa, serta menilai aspek kognitif dan afektif, (2) langkah perencanaan penilaian pembelajaran matematika KTSP dimulai dari mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar, perumusan indikator, dan penyusunan instrumen penilaian dengan penentuan bentuk instrumen, penetapan norma penilaian, analisis instrumen, serta evaluasi hasil penilaian, dan (3) faktor pendukung perencanaan penilaian pembelajaran matematika KTSP yaitu jenjang pendidikan guru, pengalaman mengajar guru, dan jumlah siswa, serta iklim kelas, guru tidak mengalami banyak kendala dalam perencanaan penilaian KTSP. Saran, kepada sekolah hendaknya mampu menjadi pembimbing serta penggerak dalam perbaikan penilaian pembelajaran, guru hendaknya berusaha mengembangkan kemampuannya dalam penilaian, dan mengadakan penelitian yang lebih mendalam mengenai perencanaan penilaian pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, valid, obyektif, adil, terbuka, bermakna, mendidik, menyeluruh, berkesinambungan, kognitif, afektif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 04 Mar 2009 07:40
Last Modified: 17 Nov 2010 08:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1011

Actions (login required)

View Item View Item