UJI TOKSISITAS (Arthemia salina Leach) DAN ANTIBAKTERI (Staphylococcus aureus) EKSTRAK ETANOL DAUN BENALU CENGKEH (Dendropohtoe pentandra (L.) Miq.)

SETIAWAN, BASRI (2010) UJI TOKSISITAS (Arthemia salina Leach) DAN ANTIBAKTERI (Staphylococcus aureus) EKSTRAK ETANOL DAUN BENALU CENGKEH (Dendropohtoe pentandra (L.) Miq.). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
K100060007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img]
Preview
PDF
K100060007.pdf

Download (94kB)

Abstract

Benalu merupakan suatu tumbuhan yang telah dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai penyakit secara tradisional, diantaranya untuk pengobatan kanker dan radang tenggorokan. Penelitian ini bartujuan untuk mengetahui aktifitas toksisitas terhadap larva udang arthemia salina leach dan aktivitas anibakteri terhadap staphylococcus aureus dari ekstrak daun benalu cengkeh (Dendropohthoe pentandra (L.) Miq). Daun benalu cengkeh (Dendrophtoe pentandra) dikeringkan dan diekstraksi dengan pelarut etanol 90% secara maserasi. Ekstrak kering yang diperoleh diuji toksisitasnya terhadap larva Arthemia salina Leach dan diuji antibakteri terhadap Staphylococcus aureus dengan metode dilusi padat. Parameter yang diperoleh untuk uji toksisitas didapatkan LC50 dan untuk uji antibakteri didapatkan konsentrasi bunuh minimum (KBM). Ekstrak daun benalu cengkeh (dendrophthoe pentandra (L.) Miq) memiliki LC50 sebesar 884,22μg/mL terhadap larva Arthemia salina Leach yang menunjukkan ektrak tersebut toksik dan nilai KBM terhadap bakteri Staphylococcus aureus sebesar 2%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dendrophtoe pentandra (L.) Miq., LC50, Staphylococcus aureus, Arthemia salina Leach, KBM.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 31 Jan 2011 09:01
Last Modified: 12 Jun 2012 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10105

Actions (login required)

View Item View Item