FORMULASI TABLET EFFERVESCENT EKSTRAK AKAR PASAK BUMI (Eurycoma longifolia) DENGAN POLIVINILPIROLIDON (PVP) SEBAGAI BAHAN PENGIKAT

Daniarti, Engga (2010) FORMULASI TABLET EFFERVESCENT EKSTRAK AKAR PASAK BUMI (Eurycoma longifolia) DENGAN POLIVINILPIROLIDON (PVP) SEBAGAI BAHAN PENGIKAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
K100060101.pdf

Download (229kB)
[img] PDF
K100060101.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanaman pasak bumi (Eurycoma longifolia, Jack) merupakan salah satu tanaman tradisional yang digunakan sebagai bahan obat kuat. Tablet effervescent lerupakan bentuk sediaan obat oral yang praktis. Bahan pengikat sangat penting untuk membantu menghasilkan tablet yang memenuhi persyaratan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi kadar bahan pengikat PVP terhadap sifat fisik tablet effervescent. Tablet effervescent ekstrak akar pasak bumi dibuat dalam 4 formula dengan variasi konsentrasi bahan pengikat PVP yaitu FI (2%), FII (3%), FIII (4%), dan FIV (5%). Tablet dibuat dengan metode granulasi basah. Granul yang didapat diuji sifat alirnya yang meliputi waktu alir, sudut diam, pengetapan, dan distribusi ukuran partikel. Granul yang homogen dikempa dengan tekanan konstan. Tablet effervescent diuji sifat fisik tablet meliputi keseragaman bobot, kerapuhan, kekerasan, waktu larut, dan tanggapan rasa dari responden. Data yang diperoleh dibandingkan dengan Farmakope Indonesia dan sumber lain yang relevan serta dianalisis menggunakan One Way ANOVA dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua formula mempunyai sifat alir granul dan sifat fisik tablet effervescent yang memenuhi syarat, kecuali syarat kerapuhan. Variasi konsenttrasi bahan pengikat PVP berpengaruh terhadap kerapuhan dan waktu larut tablet effervescent ekstrak akar pasak bumi. Akan tetapi tidak berpengaruh terhadap kekerasan. Uji tanggapan rasa menunjukkan formula III merupakan tablet effervescent yang memiliki rasa paling disukai dan paling diterima oleh responden.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tablet effervescent, ekstrak akar pasak bumi, polivinilpirolidon.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2011 09:29
Last Modified: 27 Nov 2019 01:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10053

Actions (login required)

View Item View Item