FORMULASI TABLET EFFERVESCENT EKSTRAK AKAR PASAK BUMI (Eurycoma longifolia) DENGAN PULVIS GUMMI ARABICUM (PGA) SEBAGAI BAHAN PENGIKAT

ANGGOROWATI, LINA DEWI (2010) FORMULASI TABLET EFFERVESCENT EKSTRAK AKAR PASAK BUMI (Eurycoma longifolia) DENGAN PULVIS GUMMI ARABICUM (PGA) SEBAGAI BAHAN PENGIKAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
K100060095.pdf

Download (202kB)
[img] PDF
K100060095.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanaman pasak bumi (Eurycoma longifolia, Jack) merupakan salah satu obat tanaman tradisional yang berkhasiat sebagai afrodisiak. Tablet effervescent dari ekstrak akar pasak bumi merupakan bentuk pengembangan sediaan yang lebih efektif dan praktis. Bahan pengikat merupakan komponen penting untuk menghasilkan tablet yang memenuhi persyaratan kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi kadar bahan pengikat PGA terhadap sifat fisik tablet effervescent. Ekstrak akar pasak bumi diperoleh dengan cara maserasi. Tablet effervescent ekstrak akar pasak bumi dibuat dalam 4 formula dengan variasi konsentrasi bahan pengikat PGA yaitu FI (2%), FII (3%), FIII (4%), dan FIV (5%) dari bobot tablet effervescent. Tablet effervescent ini dibuat secara granulasi basah. Granul yang diperoleh diuji sifat alirnya yang meliputi waktu alir, sudut diam dan pengetapan. Campuran granul yang homogen dikempa dengan tekanan konstan dengan berat per tablet 3 gram. Tablet effervescent diuji sifat fisiknya meliputi keseragaman bobot, kerapuhan, kekerasan, waktu larut, dan tanggapan rasa dari responden. Data yang diperoleh dibandingkan dengan pustaka yang relevan dan dianalisis menggunakan One Way ANOVA dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Formula tablet effervescent ekstrak akar pasak bumi dengan bahan pengikat PGA 2%-5% mampu menghasilkan granul dan tablet effervescent yang memenuhi persyaratan sifat alir granul dan sifat fisik tablet, kecuali syarat kerapuhan untuk semua formula tidak memenuhi. Berdasarkan uji tanggapan rasa dan penerimaan oleh responden menunjukkan formula III merupakan tablet effervescent yang memiliki rasa paling disukai dan paling diterima oleh responden.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tablet effervescent, ekstrak akar pasak bumi, pulvis gummi arabicum, Eurycoma longifolia
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2011 09:17
Last Modified: 25 Jan 2011 09:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10051

Actions (login required)

View Item View Item