SUYANTO, EDI (2010) METODE PEMBELAJARAN TAHFIZHUL QUR’AN KELAS VIII DI SMP IT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
G000080113.pdf Download (468kB) |
|
PDF
G000080113.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu kewajiban Kaum Muslimin terhadap Al-Qur’an. Namun dalam kenyataannya, sebagian besar umat Islam merasa kesulitan dan berat untuk menghafalnya, terlebih mengajarkannya. Diantara penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran tahfizhul Qur’an yang kurang tepat. Penggunaaan metode pembelajaran ini sangat penting, karena pembelajaran tidak hanya menekankan pada apa yang diajarkan, tetapi bagaimana mengajarkannya. Agar mengena, maka metode pembelajaran perlu dipilih dengan tepat sesuai waktu, kondisi dan bidang. Maka dalam hal ini penulis berusaha meneliti metode pembelajaran tahfizhul Qur’an kelas VIII di salah satu SMP IT di Surakarta yaitu SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan metode pembelajaran tahfizhul Qur’an kelas VIII di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010? Apa sajakah faktor yang mempengaruhi terhadap pembelajaran tahfizhul Qur’an kelas VIII di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010? Berkaitan dengan masalah yang telah dirumuskan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran tahfizhul Qu’an kelas VIII di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010 dan faktor apa saja yang mempengaruhi terhadap pembelajaran tahfizhul Qur’an kelas VIII di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Dari tujuan tersebut, diharapkan penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan sumbangan ilmiah dalam memperkaya ilmu pengetahuan agama tentang metode pembelajaran tahfizhul Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan populasi dan sampel dengan tehnik sampel purposive sampling, sehingga seluruh populasi diteliti, yaitu: guru tahfizhul Qur’an kelas II, siswa kelas II, kepala sekolah. Untuk mendapatkan data dalam skripsi, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: Observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif analisis. Dari hasil penelitian dan analisis data serta kesimpulan, didapatkan bahwa metode pembelajaran tahfizhul Qu’an kelas VIII di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010 sudah cukup baik dan cukup efektif, karena terdapat beberapa variasi metode dalam pembelajaran yaitu metode talaqi, yang dilakukan secara intensif, metode setoran ayat per ayat kepada guru tahfizh dan setoran per surat pada koordinator guru tahfizh, metode muraja’ah baik secara individual dan klasikal, serta evaluasi yang terdiri dari evaluasi per ayat, per surat dan evaluasi semesteran yang terdiri dari menghafal tiga surat yang telah dihafal lalu melanjutkan ayat yang dibaca secara acak. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi pembelajaran tahfizhul Qur’an di SMP IT Nur Hidayah Surakarta, baik itu faktor pendukung atau pun faktor penghambat itu berasal dari pihak yang saling berkaitan yaitu pihak sekolah, pihak guru tahfizh dan pribadi siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN TAHFIZHUL QUR’AN |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 21 Jan 2011 09:55 |
Last Modified: | 13 Jun 2012 06:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10001 |
Actions (login required)
View Item |