PENGARUH IMAGE MERK, MANFAAT MERK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERK (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Ekononomi)

Umar, Abdullah (2010) PENGARUH IMAGE MERK, MANFAAT MERK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERK (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Ekononomi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100000471.pdf

Download (93kB)
[img] PDF
B100000471.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini menguji tentang, 1) Apakah terdapat pengaruh image merk terhadap keputusan pembelian merk?. 2) Apakah terdapat pengaruh manfaat merk terhadap keputusan pembelian merk?, 3) Apakah terdapat pengaruh Iklan terhadap keputusan pembelian merk?, 4) Variahel apakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian merk? Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah analisa regresi berganda, uji F; korelasi parsial; uji t, koefisien determinan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : Terdapat pengaruh yang signifikan dari image produk terhadap pembelian produk sabun Lux. Hal ini didukung oleh : a) Koefisien regresi untuk variabel image produk besarnya 0,213. Ini berarti bahwa variabel image produk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian produk sabun Lux pada mahasiswa. b) Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t-hitung 2,940 > t-tabel 1,980 artinya secara individu variabel image produk mampu mempengaruhi pembelian produk sabun Lux pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta terdapat pengaruh yang signifikan dari manfaat produk terhadap pembelian produk sabun Lux. Hal ini didukung oleh : a) Koefisien regresi untuk variabel manfaat produk sebesar 0,334. Ini berarti bahwa variabel manfaat produk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian produk sabun Lux pada mahasiswa. b) Berdasarkan uji t, diperoleh nilai t-hitung 6,339 > t-tabel 1,980 maka Ho ditolak, artinya secara individu variabel manfaat produk mampu mempengaruhi pembelian produk sabun Lux pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta sehingga hipotesis ini terbukti. Terdapat pengaruh yang signifikan dari sikap terhadap Iklan terhadap pembelian produk sabun Lux. Hal ini didukung oleh : a) Koefisien regresi untuk variabel sikap terhadap Iklan besarnya 0,534. Ini berarti bahwa variabel manfaat produk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian produk sahun Lux pada mahasiswa. b) Berdasarkan uji t, diperoleh nilai t-hitung 6.390 > t-tabel 1,980 maka Ho ditolak; artinya secara individu variabel iklan mampu mempengaruhi keputusan pembelian merk, sehingga hipotesis ini terbukti. Berdasarkan hasil uji F terbukti bahwa secara bersama-sama variabel independen variabel image produk, variabel manfaat produk dan iklan berpengaruh secara signifikan dimana Fhitung yaitu 194,189 > Ftabel 2,698. Di dapat R2 = 0,859 dan koefisien determinasi (R-Adjusted) sebesar 0,854 serta R = 0,927 Adjusted R2 sebesar 0,854, yang berarti bahwa variabel dependen benar-benar dijelaskan oleh variabel independen sebesar 85,4%, sedangkan sisanya sebesar 14,6% berasal dari variabel diluar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: image merk, pembelian merk
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Nov 2010 08:59
Last Modified: 14 Nov 2010 12:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8913

Actions (login required)

View Item View Item