PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS VIII SLTP MUHAMMADIYAH 7 SUMBERLAWANG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

MULYONO , MULYONO (2010) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS VIII SLTP MUHAMMADIYAH 7 SUMBERLAWANG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A220060013.pdf

Download (47kB)
[img] PDF
A220060013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan bagi siswa kelas VIII SLTP Muhammadiyah 7 Sumberlawang Sragen tahun ajaran 2009/2010. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan bagi siswa kelas VIII SLTP Muhammadiyah 7 Sumberlawang Sragen tahun pelajaran 2009/2010. 3) Pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bagi siswa kelas VIII SLTP Muhammadiyah 7 Sumberlawang Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SLTP Muhammadiyah 7 Sumberlawang Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siwa kelas VIII SLTP Muhammadiyah 7 Sumberlawang Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010 yang keseluruhan berjumlah 162 siswa. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Stratified Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan bagi siswa kelas VIII SLTP Muhammadiyah 7 Sumberlawang Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,465 > 2,026. 2) Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan bagi siswa kelas VIII SLTP Muhammadiyah 7 Sumberlawang Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,851 > 2,026. 3) Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bagi siswa kelas VIII SLTP Muhammadiyah 7 Sumberlawang Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 24,254 > 3,252. 4) Variabel keaktifan siswa dalam proses pembelajaran memberikan sumbangan efektif 31,6%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 25,1%. Berdasarkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel keaktifan siswa dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn dibandingkan variabel motivasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, motivasi belajar dan prestasi belajar PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2010 08:57
Last Modified: 14 Nov 2010 13:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8812

Actions (login required)

View Item View Item