PENELITIAN TENTANG TIPE KESALAHAN MEMAHAMI SOAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 01 JATIMULYO KECAMATAN JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009/2010

SUGIYANTI, SUGIYANTI (2010) PENELITIAN TENTANG TIPE KESALAHAN MEMAHAMI SOAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 01 JATIMULYO KECAMATAN JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070460.pdf

Download (95kB)
[img] PDF
A510070460.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tentang menentukan besar sudut dengan satuan derajat dan apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada standar kompetensi menentukan besar sudut dengan satuan derajat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, sehingga data dan hasil analisisnya berbentuk deskripsi kata-kata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi dan wawancara. Tes dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatimulyo tahun ajaran 2009/2010, sejumlah 19 siswa peserta tes. Observasi dilakukan terhadap guru dan siswa saat pembelajaran berlangsung dan pada aktivitas siswa saat mengerjakan soal. Untuk wawancara dilakukan terhadap siswa yang dipilih berdasarkan jenis kesalahan atau kesulitan yang dilakukan. Teknik analisis data meliputi tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Validitas data dilakukan dengan tri anggulasi data yaitu membandingkan data hasil observasi, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal meliputi antara lain : kurang memahami petunjuk soal, tidak dapat menyimpulkan dalam penggunaan busur derajat, dan kurang teliti dalam membandingkan garis lengkung pada setiap sudut. Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal karena kurang memahami petunjuk penyelesaian soal dan kurang tepat cara penggunaan busur derajat serta kurang kreatif siswa dalam menjawab soal, sehingga masih perlu bimbingan lebih lanjut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tipe Kesalahan Memahami Soal.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 04:18
Last Modified: 08 Jun 2012 09:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8742

Actions (login required)

View Item View Item