PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) (PTK Pembelajaran Matematika kelas VII SMP N 3 Tulung)

WIDYANINGSIH , HANIK (2010) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) (PTK Pembelajaran Matematika kelas VII SMP N 3 Tulung). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060069.pdf

Download (33kB)
[img] PDF
A410060069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menerapkan metode CIRC sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, 2). Untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa selama proses belajar matematika melalui metode cooperative, integrated, reading and composition. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 3 Tulung yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Persegi dan Persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: 1). Menanyakan materi yang belum jelas kepada guru sebelum diadakan tindakan 8,57%, pada putaran I sebesar 22,86%, pada putaran II sebesar 40,00%, di akhir putaran mencapai 60,00%, 2). Mengemukakan ide/tanggapan sebelum diadakan tindakan sebesar 8,57%, pada putaran I sebesar 17,14%, pada putaran II sebesar 51,43%, di akhir putaran mencapai 57,14%, 3). Mengerjakan soal di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 11,43%, pada putaran I sebesar 28,57%, pada putaran II sebesar 42,86%, di akhir putaran mencapai 71,43%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diadakan tindakan, hasil belajar siswa yang nilai tes prestasinya lebih dari sama dengan 60 mencapai 62,85%, pada putaran I mencapai 74,28%, pada putaran II mencapai 82,85%, sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai 97,14%. Dengan demikian penggunaan strategi pembelajaran cooperative, integrated, reading and composition dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, hasil-belajar, metode-pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 09:36
Last Modified: 14 Nov 2010 18:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8341

Actions (login required)

View Item View Item